7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Posted on

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salahs satu organ vital pada manusia. Agar jantung tetap sehat, maka perlu adanya tindakan tertentu. Dengan menjaga kesehatan jantung, maka kita bisa menghindari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyerang jantung.

Berikut ini adalah 7 cara menjaga kesehatan jantung.

 

1. Mengonsumsi kacang-kacangan sehat
Kacang walnut, kacang almond, dan jenis kacang-kacangan lainnya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang-kacangan memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga dianjurkan untuk tidak berlebihan dikonsumsi. Cukup dengan mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari bisa membantu melindungi organ jantung.

2. Menghindari kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan kerusakan pada paru-paru dan arteri. Oleh karena itu, menghindari kebiasaan merokok merupakan salah satu cara agar jantung tetap sehat.

3. Menghindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung gula, garam, penguat rasa, dan bahan pengawet. Di samping bisa merusak kesehatan jantung, makanan cepat saji juga bisa menyebabkan obesitas (kegemukan).

4. Minum teh hijau tanpa gula
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat mencegah kerusakan pembuluh darah. Minum 2 cangkir teh hiijau yang tidak ditambahkan gula dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Tidur malam yang berkualitas
Tidur merupakan waktu di mana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Kurang tidur pada malam hari dapat mengakibatkan kerusakan jantung. Pekerjaan yang sibuk dapat membuat jam kerja pada malam hari berkurang. Bila sulit tidur, coba lakukan kegiatan latihan pernapasan sebentar sebelum mematikan lampu. Orang yang memiliki waktu tidur yang cukup, berat badannya lebih terkendali dan lebih sehat daripada orang yang kurang tidur.

6. Melakukan relaksasi
Melakukan relaksasi setiap hari secara rutin bisa membantu menurunkan hormon stres dan tekanan darah. Meregangkan badan dan membiarkan tubuh rileks atau berhenti sejenak lalu mengambil napas panjang beberapa kali merupakan jenis relaksasi yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Olahraga ringan
Sering berolahraga berguna untuk menjaga kesehatan, tak terkecuali kesehatan jantung. Olahraga tak harus yang berat-berat, misalnya saja jalan kaki atau naik sepeda.

Itulah 7 cara menjaga kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *