7 Kebiasaan Buruk untuk Jantung

Posted on

7 Kebiasaan Buruk untuk Jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan, maka kinerjanya juga terganggu.

Ada sejumlah kebiasaan yang tidak baik untuk jantung. Berikut ini adalah 7 kebiasaan buruk untuk jantung.

 

1. Kurang tidur
Tidur bermanfaat untuk mengurangi kemungkinann denyut jantung yang tak teratur. Kebiasaan tidur yang tidak baik bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

2. Tidak peduli kesehatan gigi
Sudah ada studi yang mengaitkan antara kesehatan mulut dan gigi dengan penyakit jantung. Lapisan gusi yang mengalami peradangan kronis bisa menularkan radang kronis ke seluruh tubuh. Semburan kecil bakteri bisa masuk ke dalam aliran darah dan masuk ke dalam jantung. Bila sela-sela gigi tidak dibersihkan dengan benar, maka serat dan baketri yang melekat pada plak gigi menumpuk dan bisa mengakibatkan penyakit gusi. Bakteri bisa memicu timbulnya peradangan di dalam tubuh. Peradangan dapat memicu penebalan dinding arteri.

3. Kebiasaan mengonsumsi alkohol
Kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat berdampak buruk bagi ksehatan jantung. Mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah, kadar lemak juga naik dan dapat menyebabkan gagal jantung. Di samping itu, kalori ekstra bisa mengakibatkan meningkatnya berat badan, yang merupakan ancaman bagi kesehatan jantung. Jadi, hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol.

4. Mengabaikan mendengkur
Mendengkur bisa menjadi gejala yang lebih serius, yaitu apnea tidur. Gangguan tidur ini ditandai dengan adanya gangguan pernapasan ketika tidur, yang bisa mengakibatkan meningkatnya tekanan darah. Orang yang mengalami obesitas berisiko lebih tinggi terkena apnea tidur. Bagi orang yang mendengkur dan sering bangun tidur dengan perasaan yang lelah, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

5. Makan berlebihan
Kelebiah berat badan tertmasuk faktor risiko utama penyakit jantung. Para ahli menganjurkan untuk mengurangi porsi makanan yang mengandung kalori dan tinggi karbohidrat, serta memperhatikan makanan yang terdapat label rendah lemak yang kerapkali mengandung kalori yang tinggi.

6. Merokok atau hidup dengan perokok
Merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk jantung. Kebiasaan merokok bisa meningkatkan pembekuan darah, menghambat aliran darah yang menuju ke jantung, dan memiliki kontribusi pada menumpuknya plak pada arteri. Bahkan, untuk yang bukan perokok tetapi berada di lingkungan perokok juga mempunyai risiko terhadap penyakit jantung.

7. Mengabaikan gejala fisik
Bagi orang yang sebelumnya berjalan naik lewat tangga tanpa masalah, lalu mengalami tekanan di dada atau kekurangan napas secara tiba-tiba, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Itulah 7 kebiasaan buruk untuk jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *