9 Tips Sukses Bisnis Online, Jika Ingin Gagal Jangan Lakukan Ini

Posted on

Tips Sukses Bisnis Online

9 Tips Sukses Bisnis Online, Jika Ingin Gagal Jangan Lakukan Ini

okejos.com – Anda ingin tahu tips sukses bisnis online itu seperti apa? Ya, saat ini gaung bisnis online semakin hari semakin tenar. Bentuknya bisnis online juga beragam. Sepengetahuan saya, ada dua bentuk dasar bisnis online. Pertama menjual produk dan jasa sendiri. Mereka ini disebut Product Creator dan Owner. Sedangkan yang kedua menjualkan produk dan jasa orang lain. Mereka sering disebut sebagai affiliate, broker, marketing, reseller, dan dropshipper.

Untuk sukses di kedua bisnis online tersebut, maka anda perlu memperhatikan tips- tips di bawah ini:

1. Cari dan Ciptakan Kebutuhan Pasar
Ada Sebuah kisah tentang 2 penjual sepatu yang dikirim ke sebuah pulau. Penjual A datang dan melihat semua penghuni pulau itu tidak ada yang memakai sepatu. Kemudian dia memutuskan untuk pulang dengan tangan hampa. Alasannya sepatu tidak akan laku karena penduduk tidak ada yang memakainya. Penjual B datang dan melihat hal yang sama yaitu tidak ada yang memakai sepatu. Bedanya penjual B melihat bahwa ini adalah peluang emas untuk mengedukasi pasar dan menjual sepatu yang banyak. Keputusannya dia tetap tinggal dan akhirnya meraih kesuksesan.
Anda sudah memahami cara menciptakan kebutuhan bukan? Bisa anda terapkan untuk bisnis internet anda.
2. Tes Peluang dan Survei Produk
Setelah anda menemukan atau menciptakan kebutuhan pasar, maka cobalah menguji produk anda. Berikan free tester. Jika responsnya positif, maka lanjutkan.
3. Buat Konsep Penjualan
Tips sukses bisnis online selanjutnya yaitu analisis. Di sini Anda perlu agak sedikit berusaha. Anda harus menganalisis bisnis online anda melalui Analisis SWOT. Nanti akan terlihat konsep penjualannya yang bagus seperti apa. Apakah direct selling, melalui MLM, atau membuat reselling dan dropshipping.
4. Promosi di berbagai media
Sampai di sini, perusahaan (produk dan jasa) online anda sudah berdiri. Saatnya promosi. Anda bisa promosi gratis dengan memakai media iklan baris gratis, membuat thread di forum-forum besar, dan memanfaatkan social media seperti facebook, google+, twitter, instagram, pinterest, linkedin, dan masih banyak lagi. Untuk promosi berbayar anda bisa memakai Google Adword, Facebook Ads, dan media pengiklan lokal seperti Sitti, Kliksaya. Anda bisa juga langsung menyewa space banner di website dan forum yang sudah banyak pengunjungnya.
Kuncinya, temukan pangsa pasar anda. Jangan sampai produk yang anda jual tentang binatang tapi promosinya ke ibu hamil. Pasti Gatot alias Gagal Total.
5. Bangun Kepercayaan Calon Pembeli
Kalau promosi di forum online seperti Kaskus, caranya dengan memperoleh banyak klik thanks dan itrader. Sementara kalau di website, cantumkan alamat lengkap, foto usaha, dan yang palih susah lakukan verifikasi secara legal dan tunjukkan hasil verifikasinya di web.
6. Berikan bonus tak terduga
Jika anda menjual jasa, maka anda bisa memberikan hasil kerjaan yang lebih besar dari yang anda janjikan. Anda menyatakan akan memberi 10, berikan 12. Jika berupa produk, tips sukses bisnis online yang bisa anda lakukan adalah memberi bonus berupa aksesori gratis atau jasa gratis. Syaratnya, jangan sampai bonus yang diberikan malah membuat profit yang anda dapatkan menjadi minus.
7. Layani semua calon pembeli dan pelanggan dengan memuaskan
Kunci sukses bisnis online adalah pelayanan. Alasannya satu, tidak ada kondisi tatap muka secara langsung. Jadi gunakan bahasa halus dan sopan. Jawab semua pertanyaan dengan ramah.
8. Rajin Follow Up
Ingat, ini bukan spam ya. Anda hanya cukup bertanya seperti hai bagaimana produk yang kami jual, jika anda puas silakan mengisi testimoni, atau bisa juga ucapkan selamat hari besar melalui emailnya, dan mungkin juga tawarkan promosi besar anda ke pelanggan.
9. Give More Get More
Anda tahu Google, Facebook, dan Youtube kan? Ketiganya adalah urutan 1 2 dan 3 website paling banyak dikunjungi di dunia versi Alexa. Coba renungkan, dari mana mereka dapat pundi-pundi pendapatan? Padahal layanan mereka gratis semua.

Itu dia tips sukses bisnis online. Selamat bereksperimen ya. Kalau sukses jangan lupa beramal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *