Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Posted on

9 Tips Sukses Bisnis Online, Jika Ingin Gagal Jangan Lakukan Ini 600x400

Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Pengguna Internet di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Pada tahun 2012, tercatat sebanyak 63 juta jiwa penduduk Indonesia telah memakai internet. Statistik jumlah pengguna ini terus meningkat di tahun 2013, yaitu sebanyak 82 juta jiwa. Mengalami peningkatan sebesar 23 %. Media sosial Facebook menempati peringkat kedua setelah Google, sebagai mesin pencari yang sering diakses oleh pengguna internet di Indonesia. Posisi ketiga ditempati oleh Blogspot, disusul kemudian Youtube, Yahoo, Google Indonesia, Kaskus, WordPress, Detik, dan Twitter berturut-turut menempati posisi keempat hingga kesepuluh. Dengan dasar inilah, bisnis online di Indonesia semakin berkembang. Kemajuan bisnis online ini bahkan disinyalir telah melahirkan sebuah bisnis online gratis tanpa modal.

Sudah menjadi rahasia umum, seluruh pemilik usaha yang tadinya hanya berbasis offline, kini telah mengenalkan produknya secara online. Dalam suatu studi bahkan dinyatakan bahwa dari 200 UKM, 29 % di antaranya sudah go online. Era digital telah mampu membentuk manusia-manusia kreatif dalam memasarkan produknya. Mereka yang sudah go online tidak ingin setengah-setengah menjalaninya, maka dibentuklah dropshipper dan reseller untuk lebih mengenalkan produknya, berekspansi dengan sangat mudah. Keduanya menjadi gebrakan baru di zamannya, dan masih bergeliat hingga sekarang. Sebabnya, bisnis ini ternyata nyaris tidak membutuhkan modal.

Berbicara tentang bisnis online gratis tanpa modal, tentu semuanya akan tertarik. Dengan jumlah pengguna internet yang membludak dan terus naik setiap tahunnya menunjukkan bahwa bisnis ini tidak akan ada matinya, apalagi bisnis ini datang di Indonesia, sebuah Negara dengan angka pengangguran yang masih jutaan. Maka dari itu, kali ini penulis akan coba ulas tentang sebuah bisnis yang bisa dijadikan peluang bagi seluruh masyarakat Indonesia secara umum, khususnya untuk pengguna internet.

a. Membuat produk digital sendiri
Membuat ebook dan menjualnya adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan. Dengan begini, anda tidak membutuhkan uang sepeserpun selain untuk membeli pulsa untuk koneksi internet anda.
b. Menjual jasa sendiri
Menjual jasa anda di internet adalah salah satu bagian dari bisnis online gratis tanpa modal. Jasa yang dimaksud di sini adalah sebuah jasa yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda. Temukan jasa apa yang bisa anda tawarkan melalui media online. Misalnya, menjual jasa penulisan review. Anda juga bisa mendalaminya dengan membuka Fiverr.com.
c. Menjadi Reseller, Dropshipper dan Affiliate
Profesi ini sangat mungkin untuk dilakukan, mengingat banyak sekali pemilik usaha baik di bidang barang maupun jasa yang terus ingin mengembangkan usahanya.
Pertama, Reseller. anda perlu menemukan produsen atau toko online yang bisa diajak kerja sama. Biasanya, untuk menjadi reseller anda perlu membeli sejumlah barang atau deposit terlebih dahulu. Tenang saja, barangnya tidak terlalu banyak. Cara mudahnya, Anda bisa membelinya setelah mendapat pesanan dari sejumlah teman di lingkungan sekitar anda.
Kedua, Dropshipper. Cara ini lebih mudah dilakukan, anda tidak perlu membeli barang dari produsen tersebut. Cukup pesan dan barang akan dikirim oleh produsen langsung ke pembeli anda.
Ketiga, Affiliate. Hampir mirip dengan dropshipper, bedanya dalam skala yang jauh lebih besar. Salah satu contohnya adalah menjadi affiliate di situs Amazon.
d. Paid To Click, Referral, dan Survey
Tiga hal ini hampir mirip cara kerjanya.
Pertama, Paid To Click (PTC). Dengan satu klik di iklan tertentu anda berpeluang mendapatkan uang. Syaratnya, setelah klik anda harus menunggu selama 30 detik- 1 menit.
Kedua, Referral. Merupakan kelanjutan dari PTC. Dengan mendapatkan member yang juga ikut klik di iklan yang sama (tentunya dengan ID anda yang sudah tercantum), maka anda berhak atas 50 % dari pendapatan member anda. Prinsipnya mirip MLM.
Ketiga, Survey. Dari namanya saja sudah dapat ditebak, kalau di sini anda bisa mendapatkan uang dengan mengikuti survey, yakni menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan oleh lembaga survey.

Empat bisnis online di ataslah yang masuk dalam kategori bisnis online gratis tanpa modal. Namun, perlu diingat bahwa Bisnis adalah bisnis, membutuhkan sebuah ketekunan, kesabaran, dan keuletan untuk menjalankan dan mengembangkannya. Melakukannya secara kontinu dan selalu berinovasi adalah kuncinya. Tanpa itu bisnis akan mudah ambruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *