Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

Posted on

Cara Beternak Kroto Bagi Pemula – Kroto, bagi Anda yang gemar memelihara burung tentunya sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini. Kroto sendiri merupakan larva dari semut jenis rangrang yang dikenal agresif dalam menjaga teritorialnya, larvanya yang disebut sebagai kroto inilah yang biasanya dijadikan sebagai pakan untuk burung peliharaan. Pada umumnya kroto yang dijadikan sebagai pakan dari burung peliharaan ini diambil langsung dari alam bebas dengan menggunakan jaring yang dipasangkan pada sebilah bambu yang panjang.

Namun jika setiap membutuhkan kroto Anda harus selalu mencarinya langsung maka hal tersebut sangatlah tidak praktis, sehingga kini mulai ramai orang yang beternak kroto. Walaupun terdengar sepele namun ternyata beternak kroto dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Melihat hal ini maka semakin banyak orang yang berminat untuk beternak kroto, apalagi caranya juga tidak sulit dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Berikut ini akan kami ulas mengenai cara beternak kroto yang dapat Anda lakukan.

Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

  1. Beternak Kroto Bibit Dari Alam

Cara yang pertama bisa Anda lakukan adalah beternak kroto dengan bibit dari alam, cara yang satu ini memang sangat mirip dengan para pemburu kroto yang biasa mencari semut rangrang yang ada di pepohonan tinggi kemudian diambil sarangnya, jika para pemburu kroto mengambil sarang untuk dijual kepada konsumen namun kita mengambil sarang untuk diternakkan krotonya.

  1. Beternak Kroto Bibit Dari Budidaya

Cara beternak kroto kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan beternak kroto bibit dari hasil budidaya, pada cara yang kedua ini bibit yang akan Anda ternakkan bukan dari mencarinya langsung di alam bebas namun Anda membelinya dari peternak kroto yang menjual bibit kroto, di sini biasanya Anda mendapatkan bibit kroto yang sudah lengkap mulai dari semut ratu, semut pekerja, hingga semut prajurit.

  1. Beternak Kroto Bibit Tanpa Ratu

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan beternak kroto bibit tanpa ratu, cara yang ketiga ini memiliki kesamaan dengan cara beternak kroto bibit dari hasil budidaya hanya saja bedanya di sini Anda hanya membeli bibit krotonya saja tanpa membeli semut ratunya, hal ini dikarenakan harga dari bibit kroto dan ratu semutnya sangat berbeda sehingga jika dana Anda terbatas maka Anda bisa membeli bibitnya saja.

  1. Beternak Kroto di Toples

Cara keempat yang bisa Anda lakukan adalah dengan beternak kroto di toples, cara ini dilakukan dengan cara menyiapkan sarang kroto dengan media toples sehingga Anda tidak perlu repot, toples di sini berfungsi sebagai rumah dari semut rangrang dan tempat menaruh telur – telurnya, keunggulan dari cara beternak ditoples ini adalah medianya mudah didapat, harganya murah, serta proses panen yang mudah.

  1. Beternak Kroto di Besek

Cara kelima yang bisa Anda lakukan adalah dengan beternak kroto di besek yakni hampir sama caranya dengan beternak kroto di toples hanya saja kali ini media yang digunakan adalah menggunakan besek sebagai rumah bagi semut rangrang dan tempat menaruh telur – telurnya, kelebihan yang didapat dari cara ini adalah besek memiliki ruang dengan sirkulasi udara yang lebih baik daripada toples.

Walaupun terdengar sepele namun beternak kroto ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang besar, jika tertarik Anda bisa mengikuti beberapa cara yang sudah diulas di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *