Cara Budidaya Ikan Nila Merah Yang Bisa Anda Coba

Posted on

Cara Budidaya Ikan Nila Merah Yang Bisa Anda Coba – Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling umum untuk dikonsumsi, ikan ini pertama kali diperkenalkan di Afrika Timur pada tahun 1969 dan segera dengan cepat menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk ke Indonesia. Ikan yang memiliki nama latin Oreochromis niloticus memiliki panjang tubuh kurang lebih mencapai 30 cm jika sudah memasuki usia dewasa, ikan ini juga memiliki sirip dengan duri yang tajam pada bagian punggungnya.

Ikan nila yang biasa dibudidayakan di Indonesia terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah ikan nila merah yang mana sesuai dengan namanya ikan nila yang satu ini memiliki warna yang merah. Ikan nila yang masih muda belum nampak perbedaan jenis kelamin antara jantan dan betinanya, barulah ketika beratnya mencapai 50 gram maka dapat diketahui perbedaannya. Sebagai salah satu ikan konsumsi yang paling favorit membuat ikan ini memiliki permintaan yang tinggi sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membudidayakan ikan nila merah.

Cara Budidaya Ikan Nila Merah Yang Bisa Anda Coba

Cara Budidaya Ikan Nila Merah Yang Bisa Anda Coba

  1. Menyiapkan Kolam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan budidaya ikan nila merah adalah dengan melakukan persiapan kolam, jenis kolam terbaik yang bisa Anda gunakan dalam budidaya nila merah adalah kolam yang terbuat dari tanah liat atau lempung karena hal ini akan membuat seolah – olah ikan berada di habitat aslinya sehingga tidak membuat ikan nila merah menjadi stres.

  1. Pengolahan Kolam

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan setelah selesai menyiapkan kolam adalah dengan melakukan pengolahan kolam yang dilakukan kurang lebih 2 minggu sebelum kolam digunakan, proses pengolahan kolam ini dilakukan dengan cara menaburkan kapur tohor sebanyak 100 hingga 300 kg/ha yang mana hal ini bertujuan untuk memberantas hama selain itu juga dapat memperbaiki tingkat keasaman tanah.

  1. Penebaran Bibit

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan untuk melakukan budidaya ikan nila merah ini adalah dengan menebarkan bibit namun di sini sebaiknya Anda tidak terlalu buru – buru memasukkan bibit ikan nila merah ke dalam kolam karena Anda harus menunggu hingga kondisi ikan dan kolam sudah benar – benar siap, untuk mengetahuinya maka Anda bisa melihat warna kolam jika sudah berwarna hijau maka siap ditebar.

  1. Pemeliharaan

Langkah keempat yang bisa Anda lakukan dalam budidaya ikan nila merah adalah dengan memelihara ikan – ikan yang Anda pelihara agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pemeliharaan adalah pemberian pakan, monitor kualitas air, serta pergantian air kolam sehingga kondisi ikan akan selalu dalam keadaan yang prima.

  1. Pemanenan

Inilah waktu yang selalu ditunggu – tunggu oleh para pembudidaya ikan nila merah yakni proses pemanenan yang mana dilakukan apabila ikan nila merah sudah memasuki usia 3 sampai dengan 5 bulan, proses pemanenan dapat dilakukan dengan menggunakan jaring hingga ikan telah dipanen semua baru setelah itu Anda bisa menjualnya ke berbagai pihak maupun Anda konsumsi sendiri.

Ikan nila merah merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi favorit bagi orang – orang Indonesia, jika Anda tertarik ingin melakukan budidaya ikan tersebut maka Anda bisa melihat ulasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *