Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah – Buah kelengkeng atau ada juga yang menyebutnya sebagai buah lengkeng, longan, atau mata kucing ini memiliki nama latin Dimocarpus longan merupakan salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pohon dari buah kelengkeng ini dapat mencapai ketinggian hingga 40 meter dengan diameter batangnya dapat mencapai kurang lebih 1 meter yang memiliki daun majemuk dengan adanya sedikit bulu yang terdapat pada bagian bawah dekat tulang daun.

Buah dari pohon kelengkeng ini memiliki bentuk bulat dan berwarna cokelat kekuningan, ukuran dari buah kelengkeng ini cukup kecil yakni kurang lebih seukuran kelereng dengan daging buah yang berwarna putih dan terdapat biji berwarna coklat kehitaman di bagian tengahnya. Rasa dari buah ini sangat manis jika sudah matang. Buah kelengkeng juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia sehingga banyak orang yang berusaha untuk melakukan budidaya tanaman buah kelengkeng ini, jika Anda penasaran maka simaklah ulasan berikut.

Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

  1. Pemilihan Bibit

Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebelum menanam kelengkeng agar cepat berbuah adalah dengan pemilihan bibit karena bibit memegang peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan hasil panen tanaman kelengkeng, untuk menghasilkan panen yang baik sebaiknya Anda memilih bibit kelengkeng jenis diamond river atau ping pong sehingga dapat menghasilkan buah yang lebih cepat.

  1. Pemupukan

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan agar tanaman kelengkeng cepat berbuah adalah dengan melakukan pemupukan, proses pemupukan untuk tanaman kelengkeng ini sebaiknya Anda lakukan secara rutin paling tidak satu bulan sekali, untuk mempercepat menghasilkan buah maka Anda bisa memberi pupuk NPK, pada bulan pertama setelah penanaman berikanlah pupuk taikam atau pupuk taodom.

  1. Penyiraman

Langkah keempat yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penyiraman sehingga tanaman kelengkeng tidak layu karena kekurangan air, namun jangan pula Anda melakukan penyiraman secara berlebihan karena dapat menyebabkan busuknya akar, proses penyiraman yang paling baik adalah dengan frekuensi dua hari sekali sehingga asupan air yang ada akan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

  1. Pemberian Pupuk Booster

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukn untuk mempercepat tanaman kelengkeng dalam menghasilkan buah adalah dengan pemberian pupuk booster yuang merupakan suatu pupuk dengan kandungan potassium klorat yang tinggi, pupuk ini terdiri dari bermacam – macam unsur seperti asam amino, potas, dan KNO3, pemberian pupuk bagi kelengkeng dilakukan setelah usia tanaman 6 bulan.

  1. Pemangkasan

Langkah kelima sekaligus terakhir yang bisa dilakukan dalam mempercepat proses berbuahnya kelengkeng adalah dengan melakukan pemangkasan, kegiatan pemangkasan yang baik dilakukan dengan pola 1 : 3 : 9, dengan melakukan proses pemangkasan maka akan menyebabkan semakin banyaknya calon dari bakal bunga yang muncul sehingga akan mempercepat berbuahnya kelengkeng.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses berbuahnya tanaman kelengkeng sehingga Anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *