Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah – Durian yang memiliki nama latin Durio zibethinus ini merupakan salah satu salah satu tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis dan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Ciri utama dari buah durian adalah kulit buahnya yang memiliki duri – duri tajam sehingga Anda harus berhati – hati ketika memegangnya. Buah durian memiliki julukan ” King of Fruits” atau raja dari segala buah sebab buah durian memang memiliki rasa yang sangat lezat yakni perpaduan antara rasa manis dan lembut.

Buah durian juga merupakan salah satu buah yang paling kontroversial yakni meskipun banyak orang yang menyukai buah ini namun ada juga sebagian orang yang tidak suka terutama ketika mencium baunya. Buah durian sendiri merupakan buah yang memiliki harga yang cukup mahal di Indonesia sehingga banyak yang melihatnya sebagai peluang usaha untuk membudidayakan durian terutama durian montong yang memiliki rasa yang sangat lezat, berikut akan kami ulas cara menanam durian montong agar cepat berbuah.

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

  1. Pemilihan Bibit

Cara pertama yang bisa Anda lakukan sebelum mulai menanam durian montong tentu saja dengan memilih bibit yang baik, kualitas tanaman serta hasil panen yang maksimal akan sangat dipengaruhi oleh bibit yang Anda pilih, bibit durian montong yang bagus akan membuat tanaman ini cepat tumbub dan berbuah dengan lebat, begitu pula sebaliknya kualitas bibit buruk akan menyebabkan lambat berbuah.

  1. Menyiapkan Media Tanam

Langkah bertikutnya agar tanaman durian montong cepat menghasilkan buah adalah dengan menyiapkan media tanam yang baik, jika media tanam bagi durian montong tersebut baik maka pertumbuhan dari tanaman ini tentu akan sangat cepat menghasilkan buah, terdapat beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan dalam menyiapkan media tanam adalah kualitas tanah serta pengairan.

  1. Membersihkan Lahan

Langkah ketiga dalam membuat tanaman durian montong ini cepat berbuah adalah dengan membersihkan lahan, proses ini juga memegang peranan penting agar tanaman durian montong Anda cepat berbuah, Anda bisa membersihkan lahan yang akan Anda tanami durian montong dari berbagai rumput, gulma, batu, dan segala hal yang memiliki potensi dapat menghambat pertumbuhan tanaman durian montong Anda.

  1. Membuat Bedengan

Langkah keempat yang harus Anda lakukan dalam menanam durian montong agar cepat berbuah adalah dengan membuat bedengan , Anda bisa membuatnya dengan mencangkul tanah sedalam kurang lebih 30 cm dan campurlah tanah tadi dengan kompos dan pasir, setiap bedengan yang memiliki ukuran 1 x 2 meter maka Anda harus memberikan kompos sebanyak 5 kg dan pasir sejumlah 5 kg.

  1. Perhatikan Jarak Tanam

Langkah kelima yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan memperhatikan jarak tanam antara tanaman durian montong yang Anda tanam, jarak antar tanaman bagi durian montong yang paling baik adalah sekitar 10 sampai dengan 12 meter, jarak ini akan membuat tanaman durian tersebut tidak saling berebut nutrisi dan air dari tanah yang mana hal ini bisa menghambat pertumbuhan tanaman.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kami ulas mengenai cara menanam durian montong yang bisa Anda lakukan dengan mempraktekkan ulasan kami pada artikel di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *