Cara Menanam Pepaya di Pekarangan Rumah

Posted on

Cara Menanam Pepaya di Pekarangan Rumah – Pepaya yang memiliki nama latin Carica papaya L adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan serta Amerika Selatan bagian utara namun kini tanaman pepaya sudah tersebar di berbagai belahan dunia yang memiliki iklim tropis yang mana salah satunya adalah Indonesia. Nama pepaya sendiri konon berasal dari bahasa Belanda yakni papaja yang kemudian diucapkan menjadi pepaya, di daerah Jawa buah ini disebut sebagai kates.

Tanaman pepaya memiliki tinggi mencapai 5 hingga 10 meter dan pada umumnya pohonnya tidak bercabang dengan daun yang tumbuh pada bagian atas batang pohonnya, daun dari tanaman pepaya bentuknya menyirip lima dengan memiliki tangkai yang panjang dan bagian tengahnya berlubang. Tanaman pepaya bisa diambil manfaatnya yaitu dari daun dan buahnya, buah pepaya sendiri di Indonesia sangat disukai oleh masyarakat, berikut ini akan kami ulas mengenai cara menanam pepaya di pekarangan rumah.

Cara Menanam Pepaya di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Pepaya di Pekarangan Rumah

  1. Buat Lubang Tanam

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menanam pepaya adalah dengan membuat lubang tanam di pekarangan rumah Anda, jika Anda berniat menanam bibit tanaman pepaya lebih dari satu maka Anda bisa memberi jarak tanam 2 x 2 meter sehingga tanaman pepaya tersebut tidak berebut nutrisi yang ada pada tanah dan juga bertujuan agar ukuran pohon pepaya tidak terlampau besar.

  1. Siapkan Media Tanam

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyiapkan media tanam dengan tujuan agar tanaman pepaya yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik, buatlah lubang tanam dengan kedalaman kurang lebih setengah meter kemudian masukkanlah media tanam berupa sekam padi dan pupuk kompos ke dalam lubang tanam tersebut, pastikanlah media tanam tersebut sudah gembur.

  1. Penanaman

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan setelah membuat lubang tanam dan menyiapkan media tanam adalah melakukan penanaman, Anda dapat memasukkan bibit pepaya ke dalam lubang tanam kemudian kubur hingga pangkal batangnya saja, berikanlah ajir pada tanaman tersebut dan tancapkanlah di bagian pinggirnya namun jangan terlalu dekat dengan tanaman karena dikuatirkan akan merusak tanaman.

 

  1. Pemeliharaan

Langkah keempat setelah Anda melakukan hal – hal di atas adalah pemeliharaan yang mana Anda harus melakukan penyiraman terhadap tanaman pepaya dengan frekuensi dua kali sehari, selain itu jika tanaman pepaya dirasa lambat pertumbuhannya maka Anda bisa menambahkan media tanam pada tanaman pepaya untuk merangsang pertumbuhannya, media tanam tersebut bisa berupa kompos atau pupuk lainnya.

  1. Memotong Pupus dan Seleksi Tunas

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memotong pupus dan menyeleksi tunas dengan tujuan agar tanaman pepaya tersebut menjadi berukuran mini sehingga Anda dapat mudah memetik buahnya, hal ini dilakukan pada saat tanaman sudah mencapai ketinggian sekitar setengah meter maka potonglah pupusnya kemudian seleksi tunas yang muncul dan sisakan satu saja tunas yang terbaik.

Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, untuk menanam pepaya di pekarangan rumah caranya sangat mudah sesuai dengan ulasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *