Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

Posted on

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag – Sawi adalah salah satu jenis tumbuhan dari marga Brassica yang termasuk dalam golongan sayuran. Sawi pada umumnya diambil daun ataupun bunganya untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan yakni berupa sayuran yang diolah menjadi berbagai hidangan utama atau hidangan pelengkap yang rasanya lezat. Tanaman sawi sendiri memiliki beberapa spesies yang terkadang memiliki ciri fisik yang hampir sama sehingga orang awam akan kesulitan untuk mencari perbedaannya.

Istilah sawi di Indonesia sendiri pada umumnya mengacu pada jenis sawi hijau yang memiliki nama latin Brassica rapa, selain itu ada juga jenis sawi putih yang biasanya digunakan untuk membuat asinan atau dibuat sup. Sawi sendiri di Indonesia merupakan salah satu tanaman sayuran yang banyak diminati karena rasanya yang lezat jika diolah menjadi berbagai macam hidangan selain itu sawi juga merupakan sayuran yang baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan, berikut ini akan kami ulas cara menanam sawi di dalam polybag.

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

Cara Menanam Sawi Dalam Polybag

  1. Menyiapkan Bibit

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebelum mulai menanam sawi adalah dengan terlebih dahulu meyiapkan bibit karena tanaman sawi yang subur dan menghasilkan panen yang maksimal adalah tanaman sawi yang berasal dari bibit yang berkualitas tinggi, agar Anda tidak repot dan salah dalam memilih maka Anda dapat membeli bibit tanaman sawi di toko yang menjual alat – alat pertanian.

  1. Menyemai Bibit

Setelah Anda selesai menyiapkan bibit tanaman sawi maka langkah selanjutnya adalah dengan menyemai bibit yang mana bisa Anda lakukan di lahan atau menggunakan pot berukuran kecil, yang perlu Anda perhatikan dalam proses penyemaian bibit tanaman sawi ini adalah pastikan Anda untuk menyiramnya dengan rutin pada pagi dan sore hari agar dapat tumbuh dengan baik.

  1. Proses Menanam

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah proses menanam bibit tanaman sawi pada polybag, namun sebelumnya siapkanlah polybag terlebih dahulu dan isilah polybag tersebut dengan kompos dan campurkanlah dengan tanah gembur hingga hampir penuh, setelah itu barulah Anda bisa memindahkan bibit tanaman sawi ke dalam polybag secara perlahan dan hati – hati agar tidak rusak.

 

  1. Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah ketiga hal di atas sudah Anda lakukan maka langkah selanjutnya adalah perawatan dan pemeliharaan yang mana Anda harus melakukan penyiraman secara rutin setiap hari sekali namun Anda tidak perlu menyiram jika musim penghujan, selain itu Anda juga bias menambahkan pupuk jika pertumbuhan dari tanaman sawi dirasa lambat, serta cabutlah rumput atau gulma yang ada di sekitar tanaman sawi.

  1. Proses Memanen

Langkah kelima sekaligus yang terakhir dalam menanam sawi adalah proses pemanenan yang dapat Anda lakukan setelah tanaman sawi berusia kurang lebih 2 bulan, proses pemanenan sawi ini dapat Anda lakukan dengan dua cara yakni dengan hanya memotong daunnya saja atau dengan mencabut tanaman sawi tersebut hingga ke akarnya yang keduanya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Baca Juga: Cara Menanam Cabai Dalam Polybag

Demikianlah beberapa cara menanam sawi di dalam polybag yang mana jika Anda mengikuti langkah – langkah di atas maka Anda akan dapat dengan mudah melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *