Kandungan dan Manfaat Sehat Jambu Air

Posted on

Kandungan dan Manfaat Sehat Jambu Air

Kandungan dan Manfaat Sehat Jambu Air

okejos.com – Banyak dijumpai pekarangan rumah yang memiliki pohon jambu air. Sehingga jambu air ini sangat dikenali oleh masyarakat. Hal ini tidak mengherankan sebab jambu air ternyata memang berasal dari Asia Tenggara. Selain banyak dijumpai, buah ini harganya juga sangat murah di pasaran. Buah ini juga terdiri dari banyak varietas dan mempunyai warna yang beragam. Mulai dari hijau, oranye dan merah. Kandungan air di dalam buah ini makin membuat sedap untuk dimakan. Tahukah Anda bahwa ternyata terdapat manfaat sehat jambu air untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Apa sajakah manfaat itu?

Manfaat sehat jambu air bagi kesehatan tubuh Anda

Kandungan air yang dimiliki jambu air sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Air juga diperlukan untuk membantu kerja organ tubuh Anda seperti ginjal. Di dalam 1 buah jambu air mengandung air hingga 93%. Karena kandungan inilah Anda terasa segar dan bebas dari dehidrasi sehabis memakan buah ini. Serat yang terkandung dalam jambu air juga bermanfaat untuk kelancaran pencernaan Anda. Manfaat sehat jambu air lain adalah untuk kesehatan mata. Karena jambu air juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup baik. Selain untuk memperbaiki kesehatan mata, vitamin A juga berguna untuk menambah imunitas tubuh dengan cara mendongkrak kinerja dari sel darah putih yang disebut sebagai antibodi. Ada juga kandungan vitamin C sebesar 22 mg dalam setiap 100 mg jambu air. Vitamin C ini bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat melindungi kesehatan sel tubuh agar terlindung dari radikal bebas. Itulah mengapa mitos yang menyebut bahwa orang yang terinfeksi penyakit demam berdarah sebaiknya mengonsumsi jambu air. Sebab jambu air memiliki banyak antioksidan. Fakta berikutnya tentang jambu air ini adalah ternyata biji dari jambu air ini dapat dimanfaatkan sebagai obat terapi penyakit diabetes. Sebab biji jambu air mengandung glukosa yang bernama jamboline. Untuk memanfaatkannya sebagai obat terapi diabetes, Anda dapat mengeringkan biji jambu air kemudian menumbuknya hingga menjadi bubuk. Tambahkan air pada bubuk ini kemudian minum secara teratur.

Manfaat sehat jambu air untuk kecantikan kulit Anda

Setelah dijelaskan mengenai manfaat sehat jambu air bagi kesehatan tubuh Anda, ternyata kandungan vitamin pada buah jambu air tak hanya baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh Anda tetapi baik untuk mempercantik kulit Anda. Kulit yang dehidrasi dan kekurangan nutrisi akan cenderung terlihat kering dan kusam. Pastinya Anda tidak akan membiarkan hal ini terjadi pada kulit Anda. Air pada jambu air akan membuat kulit Anda jauh dari kata kusam dan kering. Dengan ini maka kulit Anda akan terasa lembab dan segar serta terjaga keelastisannya. Vitamin C nya dapat merawat dan meremajakan kulit Anda sehingga kulit Anda akan tercegah dari keriput serta penuaan dini. Vitamin C dan kandungan seleniumnya juga dapat membantu mencerahkan warna kulit Anda agar tampak lebih bercahaya. Kandungan kolagen pada jambu air juga dapat membuat kulit Anda akan tetap awet muda. Sebab kolagen ini berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati. Sehingga dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, maka manfaat sehat jambu air dapat Anda dapatkan. Namun hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak mengonsumsi jambu air dalam sekali waktu. Karena konsumsi jambu air yang terlalu banyak dapat memicu batuk serta tenggorokan yang gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *