Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Kesehatan Mulut

Posted on

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Kesehatan Mulut

Berkumur menggunakan air garam sudah sejak dulu dipercaya dapat mengatasi masalah mulut. Garam yang dicampurkan kedalam air tidak boleh terlalu banyak, hal ini justru dapat membahayakan tubuh. garam memiliki kualitas alami yang dapat menghisap kelembaban dengan proses osmosis, membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit. Manfaat air garam ini baik untuk kesehatan mulut, berikut ini informasinya.

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam untuk Kesehatan Mulut

Mengatasi radang tenggorokan

Berkuur dengan air garam ini ternyata dapat membuat rasa tidak nyaman pada mulut terobati, walaupun hanya untuk sementara waktu saja. Manfaat air garam ini bekerja dengan menggunakan metode osmosis, yang terkonsentrasi pada jaringan yang meradang dan menyerap semua kadar air serta membantu meredakan rasa sakit. Manfaat air garam ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri karena kurangnya kelembaban dan pada akhirnya akan mati.

Meringankan masalah hidung

Berkumur dengan air garam juga mampu mempengaruhi ronggahidung, yaitu dengan cara menguras semua lendir dan menghilangkan infeksi bakteri. Manfaat air garam ini akan bekerja  dengan masuknya cairan pada kapiler darah, yang dapat memungkinkan kapiler melebar. Kemudian hal ini menyebabkan pelepasan penumpukan lendir sehingga lendir dapat mengalir keluar.

Mengatasi masalah bau mulut

Bau mulut merupakan suatu kondisi yang dapat membuat setiap orang merasa tidak nyaman. Selain itu kebersihkan mulut yang buruk juga menjadi salah satu penyebab utama pada banyak kasus bau mulut. Untuk kamu yang sudah terkena masalah bau mulut yang parah, kamu bisa menggunakan air garam. Manfaat air garam dapat mengurangi masalah bau mulut kamu.

Meringankan gingivitis

Gingivitis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya pembengkakan, peradangan dan pendarahan pada gusi yang disebabkan karena pertumbuhan bakteri secara alami melapisi gigi. Perkembangan bakteri membentuk lapisan lengket dan keputihan yang disebut sebagai plak. Salah satu manfaat air garam baik untuk membantu mengobati gusi meradang dan menghilangkan bakteri pada gusi, dengan cara berkumur dengan air garam.

Mengatasi masalah di lidah

Manfaat berkumur dengan air garam untuk kesehatan mulut lainnya dapat mengatasi masalah pada lidah. Lapisan putih yang terbentuk pada lidah ternyata dapat dihilangkan dengan cara berkumur menggunakan air garam. Manfaat air garam lainnya juga dapat menyembuhkan luka bakar di area lidah. Hal ini dikarenakan air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, perawatan harus dilakukan untuk menjaga kadar garam minimal, agar bisa menghindari sensasi terbakar.

Cara menggunakan air garam untuk berkumur

Kamu bisa menggunakan setengah sampai tiga per empat sendok teh garam yang dicampurkan dengan satu gelas air hangat. Setelah larut, kamu bisa minum air garam dan kumur disekitar gusi dan mulut. Lakukan cara alami ini sekitar 30 detik dan muntahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *