Sejarah Hancurnya Keraton Mataram Kartasura

Posted on

Sejarah Hancurnya Keraton Mataram Kartasura

Sejarah Hancurnya Keraton Mataram Kartasura

Keraton kartasura merupakan menjadi sebagian dari sejarah keraton yang ada di pulau Jawa. Namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui tentang keraton ini. Dahulunya keraton ini merupakan kerajaan Mataram Islam yang dulu dikenal dengan keraton Mataram Kartasura. Berikut akan saya sajikan beberapa informasi mengenai keraton Mataram Kartasuraagar dapat menambah pengetahuan anda tentang sejarah yang ada di Indonesia, antara lain :

  1. Sejarah runtuhnya : pembangunan keraton Mataram Kartasura selama tujuh bulan pada tahun 1680 sampai 1742. Sekeliling keraton dibuat benteng yang tebal dan luas yang terbuat dari penyusunan rangkap dua batu bata yang disangga oleh sebuah papan yang ada di dalam dan di luar bangunan. keraton Mataram Kartasura runtuh berawal dari pergolakan antara masyarakat Tionghoa kemudian langsung mendapat tanggapan keras dari VOC yang melakukan pembantaian. Kejadian itu dikenal masyarakat dengan sebutan Geger Pacinan. Kejadian itu pada kenyataannya berlangsung di Batavia tetapi merambah sampai pelosok dari Jawa.
  2. Perlawanan : seorang penguasa yang bernama Pakubuwana II yang mulanya menjadi pendukung dari sikap masyarakat Tionghoa, kemudian terbalik jadi melakukan perlawanan kepada mereka serta memberikan dukungan pada Belanda. Karena Pakubuwana II bersikap seperti itu maka semakin besar perlawanan yang dilakukan oleh pemberontak. Sampai memaksa Pakubuwana II untuk pergi mengamankan diri dari Kartasura dan pemberontak melakukan penyerbuan terhadap Kartasura.
  3. Akibatnya : Karena Kartasura perlahan runtuh sehingga akhirnya tempat ini ditinggalkan serta membangun kerajaan baru dengan membawa benda-benda yang masih tersisa. sampai akhirnya keraton Mataram Kartasura tinggal tersisa reruntuhan dari tembok benteng dan sampai sekarang masih bisa dilihat di Kartasura.
  4. Lokasi : keraton Mataram Kartasura terletak di Kartasura, kabupaten Sukoharjo, provinsi Jawa Tengah

 

Demikianlah beberapa penjelasan tentang keraton Mataran Kartasura dari artikel yang saya tulis semoga dapat menambah pengetahuan sejarah anda. Sebaiknya anda juga mencari beberapa referensi lain dengan membaca buku sejarah ataupun google. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *