Tips Sederhana Mengatasi Asam Lambung

Posted on

Tips Sederhana Mengatasi Asam Lambung

Sakit perut kerap menjadi penghalang aktifitas seseorang. Karena datangnya kadang disaat yang tidak tepat, seperti di ruang kerja, perjalanan dan lain sebagainya. Salah satu penyebab terjadinya nyeri pada perut adalah naiknya kadar asam di lambung atau yang lebih dikenal dengan asam lambung. Apabila asam lambung meningkat maka perut biasanya akan sakit hingga sapai rongga dada.

Untuk itulah asam lambung haruslah segera diatasi sebelum benar-benar menimbulkan sakit yang sangat pada parut. Untuk mengatasi asam lambung sebenarnya tidak harus menggunakan obat-obatan atau resep dokter, karena sebenarnya asam lambung juga bisa diatasi dengan cara sederhana. Berikut Tips Sederhana Mengatasi Asam Lambung tentunya tanpa menggunakan obat:

 

1. Makan Pisang
Buah pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Selain itu buah pisang juga bermanfaat untuk lambung agar tidak mudah terkena asam lambung. Akan tetapi pengobatan ini bersifat kecocokan semata. Beberapa orang juga tidak cocok menggunakan pisang sebagai pengobatan asam lambung. Akibatnya bukannya malah sembuh tetapi akan semakin kambuh. Oleh karena itu, sebaiknya apabila menggunakan pisang ini tidak memberikan efek positif malah semakin memperburuk keadaan, maka berhentilah dan beralih ke pengobatan lainnya.

2. Lidah buaya
Lidah buaya juga sarat akan kandungan nutrisi. Setengah gelas lidah buaya sebelum makan dipercaya mampu mengatasi asam lambung. Namun, lidah buaya juga memberikan efek samping dalam penggunaannya. Kandungan serat dalam lidah buaya dapat menyebabkan frekuensi buang air besar semakin meningkat.

3. Permen Karet
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan akan membantu mengatasi asam lambung. Hal ini dikarenakan dalam mengunyah permen Karen dapat meningkatkan pelepasan air liur. Nah air liur inilah yang akan berguna untuk mencuci lambung dan mengurangi kadar asam dalam lambung. Tidak banyak mengetahui kegunaan permen karet ini, namun sebagian besar peneliti menyebutkan bahwa penggunaan permen karet sebagai penurun asam lambung cukup berhasil dan tidak menimbulkan efek samping.

4. Baking Soda
Baking soda bisa digunakan untuk menetralisir asam lambung. Cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda kedalam air dipercaya mampu mengatasi asam lambung. Akan tetapi, baking soda juga menimbulkan efek samping pada perut berupa mual dan kembung. Jadi biasanya jika penderita memiliki kondisi tubuh tidak kuat maka resiko efek sampingnya tidak hanya mual tetapi bisa muntah.

Itulah beberapa Tips Sederhana Mengatasi Asam Lambung yang melanda. Dari tips tersebut hampir semua mengandung efek samping pada tubuh. Jadi pengobatan sederhana tersebut sifatnya kecocokan. Apabila cocok dengan kondisi tubuh maka penyembuhannya lebih cepat dan efek samping juga akan berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *