Wisata Pemandangan dari Candi Cetho karanganyar

Posted on

Wisata Pemandangan dari Candi Cetho karanganyar

Wisata Pemandangan dari Candi Cetho karanganyar

Okejos.Com – Candi cetho merupakan salah satu candi yang dibangun pada masa pemerintahan raja brawijaya, candi ini dibangun pada zaman kerajaan majapahit. Candi ini berada di desa gumeng, kecamatan jenawi kabupaten karanganyar. Banyak orang yang datang berkunjung ke tempat ini, karena candi cetho merupakan salah satu wisata di karanganyar. Pemandangan Dari Candi Cetho harus anda abadikan, karena pemandangannya yang sangat indah. Dari sisi barat candi anda akan melihat keindahan gunung merapi, bukit-bukit juga akan terlihat. Jalam menuju candi cetho memang cukup melelahkan, karena harus melewati jalan sempit dengan tanjakan yang sedikit berbahaya. Namun saat perjalan, anda akan akan menyaksikan keindahan pemandangan kebun teh yang berda di sebelah kiri candi cetho, anda bisa menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan seingga perjalanan menuju candi tidak akan terasa.

Setelah sampai di candi cheto, anda akan menemui pintu masuk yang berujung gapura, sebelum masuk anda harus membeli tiket terlebih dahulu yaitu 3.000 rupiah, tetapi untuk wisatawan biaya tiketnya 10.000 rupiah. Setelah itu anda bisa masuk dan menikati wisata candi cetho, keindahan candi cetho pasti dapat anda lihat, anda juga bisa melihat ornamen-ornamen yang ada di candi, ornamen ini merupakan simbol kehidupan yang dipahami masyarakat. Dahulu candi cetho digunakan sebagai tempat ibadah, dan sekarang candi ini juga dijadikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pemandangan Dari Candi Cetho juga bisa anda lihat dari puncak candi, yaitu di bangunan yang terletak paling atas, anda dapat melihat susunan batu hitam berbentuk kubus polos dengan dilengkapi beberapa ornamen.

Candi Cetho merupakan kelompok bangunan yang terdiri atas 11 teras berundak yang membentang ke arah timur-barat. Teras pertama terletak di sisi sebelah timur, semakin ke timur terasnya akan semakin tinggi. Masing-masing teras di candi cetho dihubungkan sebuah pintu dan jalan setapak yang seolah-olah membelah teras menjadi dua sisi. Di sisi timur teras paling bawah terdapat sebuah gapura yang merupakan pintu gerbang kompleks cabdi cetho, di depan pintu gerbang anda juga akan menjumpai arca batu, menurut penduduk disana arca itu adalah arca nyai gemang arum.

Demikianlah pembahasan mengenai Pemandangan dari Candi Cheto, berkunjunglah ke candi agar anda bisa melihat dan menikmati pemandangannya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *