5 Khasiat Teh Oolong bagi kesehatan

Posted on

5 Khasiat Teh Oolong bagi kesehatan

Teh merupakan minuman yang sarat khasiat. Banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi teh. Mulai dari khasiat untuk kesehatan, bahkan beberapa pengobatan juga bisa dilakukan dengan menggunakan teh. Teh sendiri terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah Teh Oolong.

Nama Teh Oolong berasal dari nama seorang lelaki asal China. Lelaki yang bernama Wu Long atau Oolong ini disebut sebagai penemu teh ini. Alhasil sampai sekarang nama teh Oolong menjadi sebuah identitas tersendiri bagi teh hasil fermentasi ini. Teh Oolong merupakan teh dengan hasil fermentasi dari daun teh hijau. Seperti halnya teh lain, teh Oolong kaya akan kandungan di dalamnya. Kalium, kalsium, mineral, anti oksidan serta beberapa kandungan lain terdapat di teh ini, sehingga teh Oolong memiliki banyak khasiat yang tersimpan. Berikut 5 khasiat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi teh Oolong.

1. Mengontrol Diabetes
Diabetes atau yang disebut dengan kencing manis merupakan penyakit dengan kadar gula yang tinggi. Mengkonsumsi teh Oolong sangat membantu untuk mengontrol kadar gula tersebut. Sehingga dengan mengkonsumsi teh ini dipercaya mampu mengkontrol penyakit diabetes.

2. Mengurangi Obesitas
Obesitas atau kegemukan merupakan kondisi tidak seimbang antara berat badan dengan kondisi tubuh. Obesitas menyebabkan seseorang sangat rentan dengan penyakit. Oleh karena itu, untuk penderita obesitas dianjurkan untuk mengkonsumsi teh Oolong. Hal ini dikarenakan teh ini mengandung senyawa polifenol yang mampu mengkontrol lemak dalam tubuh.

3. Menguatkan Tulang
Seperti yang diketahui, bahwa teh ini mengandung Kalsium yang sangat penting bagi tulang. Kalsium mampu memperkuat tulang dan gigi. Selain itu dengan mengkonsumsi teh ini, maka dapat mengurangi resiko osteoporosis atau tulang keropos.

4. Perawatan pada Kulit
Tidak hanya untuk penyakit dalam, teh juga sangat bermanfaat untuk kesehatan luar seperti kulit. Teh Oolong sangat di anjurkan bagi penderita eksim dan aksema. Selain untuk penderita eksim dan aksema, teh ini juga mampu merawat kulit. Karena dalam teh terdapat kandungan yang berguna untuk memperbaharui sel sel kulit.

5. Penghilang stress
Teh mengandung senyawa polifenol alami yang dipercaya mampu memberikan efek mengurangi stress. Sehingga teh sering pula digunakan untuk beberapa terapi mengurangi stres.