6 Jenis Penyakit Jantung

Posted on

6 Jenis Penyakit Jantung

Ada berbagai jenis penyakit jantung. Penderita jantung juga bisa terkena komplikasi. Berikut ini adalah 6 jenis penyakit jantung dari sekian banyak gangguan yang dapat menyerang jantung.

1. Inflamasi jantung
Inflamasi jantung bisa terjadi pada selaput yang menyelubungi jantung, dinding jantung, atau pada bagian dalam jantung. Gangguan jantung jenis ini bisa diakibatkan oleh infeksi ataupun racun.

2. Kelainan katup jantung
Fungsi katup jantung adalah untuk mengontrol aliran darah di dalam jantung. Kelainan katu jantung bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah tersebut, seperti tidak menutup sempurna, kebocoran, atau pengecilan.

3. Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan penebalan dinding arteri bagian dalam lantaran adanya endapan kolesterol, lemak dan buangan sel lainnya sehingga menyebabkan penyumbatan aliran darah ke sel-sel otot. Aterosklerosis yang terjadi di dinding arteri jantung dinamakan penyakit jantung koroner. Penyakit ini dimulai dari timbulnya lesi dan retakan yang ada pada dinding pembuluh darah, khususnya karena terdapat tekanan yang kuat di pembuluh jantung. Tahap selanjutnya, tubuh berusaha untuk memperbaiki diri dengan cara menempatkan zat-zat lemak untuk menutup keretakan pada pembuluh darah. Lama-lama, lantaran proses peretakan dan penutupan yang terjadi secara berulang, zat-zat lemak tersebut dapat menyumbat pembuluh jantung.

4. Gagal jantung
Gagal jantung merupakan kondisi di mana jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan efektif. Gagal jantung tidak berarti jantung berhenti bekerja, tetapi karena jantung kekuatan jantung dalam memompa darah yang tidak sekuat seperti yang seharusnya. Akibatnya, darah dapat kembali ke paru-paru dan bagian tubuh lain.

5. Fibrilasi atrial
Fibrilasi atrial merupakan gangguan ritme listrik jantung yang menyebabkan gangguan pada atrial. Gangguan impuls listrik dapat mengakibatkan kontraksi otot jantung secara tidak beraturan. Selain itu, gangguan tersebut juga menyebabkan tidak efisiennya jantung dalam memompa darah. Fibrilasi atrial umumnya berhubungan dengan berbagai gangguan jantung lainnya, mencakup koroner, kardiomiopati, dan sebagainya.

6. Penyakit jantung rematik
Penyakit jantung rematik merupakan kerusakan yang terjadi pada jantung sebagai akibat dari demam rematik yang diakibatkan oleh bakteri.

Itulah 6 jenis penyakit jantung. Selain itu, masiha ada penyakit jantung lainnya.