Anjing Bisa Membantu Mengurangi Rasa Stres

Posted on

Anjing Bisa Membantu Mengurangi Rasa Stres

Anjing merupakan hewan sosial, yang memiliki otak hampir sama seperti  halnya manusia biasa. Bahkansejak dulu begitu banyak para anjing dilatih serta di didik untuk menjadi seekor anjing yang juga memiliki kesetiaan dan pengabdian terhadap manusia atau majikannya. Sisi lainjuga nampak bahwa anjing yang cerdas, hampir sangat mirip sekali dan bahkan melebihi konsep manusia tentang adanya cinta dan persahabatan.

Bahkan disaat penat, salah satu penawar lain selain pasangan, biasanya sebagian orang akan bermain dengan hewan peliharaan kesayangannya, bermain dan bahkan bergurau. Sentuhan dan belaian yang selalu diberikan kepadanya, membuat hewan yang satu ini semakin patuh dan penurut. Sehingga banyak majikan yang menganggap anjing juga merupakan anggota keluarganya. Tak hanya itu anjing juga berperan penuh terhadap kondisi mentabilitas anak-anak, khususnya para anak-anak penyandang autisme.

Menurut Sonie Lupien, selaku Mahasiswa di University Montreal.  Diketahui bahwa anjing sangat  mempunyai peran penting pada tingkat hormon stres yang ada pada anak-anak, seperti yang dikutip okejos.com dari liputan6 Dan seperti Yang Dilansir Times of India,  Pada sabtu (12/1/2013) Lalu.

Sehingga Sonie Lupien menyimpulkan bahwa  kepada para pemelihara jasa layanan anjing agar dapat melatih salah satu hewan mamalia ini, untuk dapat membantu dan menunjang kreatifitas serta meningkatkan sosialisasi  kepada anak-anak para penyandang autisme.

Bahkan Sonie beserta teman-temannya juga menemukan suatu temuan lain yang ia temukan. Yaitu dengan cara mengukur jumlah kartisol air liur pada anak penyandang autis.  Sebab menurutnya dengan cara ini dapat mengetahui tingkatan otak pada  seorang anak.

Kortisol merupakan hormon yang sangat penting yang sering disebut dengan stres hormon. Reaksi  keadaan hormon kortisol ini biasanya terjadi setelah tiga puluh menit di awal setelah bangun tidur. Namun jika dilihat dari segi lainnya manfaat dari kortisol ini juga dapat menaikkan tekanan darah. Serta menekan imunitas anti peradangan dan juga anti alergi.

Selama sedang melakukan eksperimen, pihak ke dua orang tua harus mengontrol dan menangani setiap nuah hatinya baik sebelum ,maupun sesudah melakukan pengenalan kepada anjing.  bahkan pihak ke dua orang tuapun juga dapat menghitung dan menangani tingkah laku anak-anaknya.

Fakta di lapangan yang terjadi bahwa perilaku yang bermasalah mencapai kurang lebih 23% prilaku