HOME
Home » Teknologi » Apa Itu Teknologi LED

Apa Itu Teknologi LED

Posted at December 19th, 2020 | Categorised in Teknologi

LED adalah salah satu penemuan terbaru dan banyak digunakan saat ini.  Popularitas dan aplikasinya meningkat pesat karena ukurannya yang sangat kecil dan konsumsi daya yang sangat sedikit. LED  dikenal sebagai dioda pemancar cahaya, ini adalah sumber cahaya semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika arus dialirkan melaluinya.  Elektron semikonduktor bergabung kembali dengan lubang elektron melepaskan energi dalam bentuk foton.  Sesuai dengan energi foton, warna cahaya ditentukan, dan juga oleh energi yang dibutuhkan oleh foton untuk melewati celah pita semikonduktor.  Dengan menggunakan beberapa semikonduktor, cahaya putih diperoleh atau dengan lapisan fosfor pemancar cahaya pada perangkat semikonduktor.

Apa Itu Teknologi LED

Dioda pemancar cahaya terdiri dari 2 lapisan bahan semikonduktor dengan muatan berbeda.  Kristal semikonduktor bersifat netral, muatan yang berbeda dihasilkan oleh penambahan atom bermuatan seperti silikon atau boron.  Itu

lapisan-n memiliki kelebihan elektron dan dengan demikian bermuatan negatif;  lapisan-p bermuatan positif dan memiliki apa yang disebut lubang elektron.  Jika kedua lapisan disatukan, muatan di lapisan batas seimbang satu sama lain, tidak ada yang terjadi.

Jika kita sekarang menerapkan tegangan, bahkan yang sangat kecil sudah cukup, elektron dari lapisan-n mulai “melompat” ke dalam lubang elektron lapisan-p.  Di sana, elektron terhubung dengan atom bermuatan positif dan melepaskan kelebihan energi mereka dalam kilatan cahaya.  Inilah yang kami anggap sebagai cahaya tampak.

Semakin banyak voltase yang kita terapkan, semakin kuat efeknya dan semakin banyak cahaya yang dipancarkan.

Ini disebut “prinsip elektroluminesensi semikonduktor”.

Panjang gelombang cahaya yang dipancarkan bervariasi bergantung pada bahan semikonduktor dan zat yang ditambahkan.  Biasanya, bagaimanapun, rentang panjang gelombang sangat terbatas – cahaya yang dipancarkan adalah monokrom, sehingga hanya memiliki satu warna.  Merah, atau biru, atau hijau.  Tidak ada cahaya putih, tapi kita membutuhkannya untuk penerangan buatan.  Kita dapat membuat ini dengan melapisi dioda dengan lapisan fluoresen.  Komposisi lapisan ini (biasanya fosfor) menghasilkan warna-warna terang yang berbeda.

  Material LED

Electroluminescence tidak hanya menghasilkan cahaya tetapi juga panas.  Tidak sebanyak dengan filamen tungsten, tetapi cukup untuk merusak semikonduktor yang sensitif.  Untuk melindungi mereka, mereka diterapkan atau ditutup oleh heat sink.  Ini menjamin masa pakai yang lama dan, yang terpenting, sebagian besar luminositas konstan dengan pembangkit panas rendah.

Semikonduktor yang digunakan dalam LED terdiri dari unsur-unsur dari kelompok III dan kelompok V dari tabel periodik.  Misalnya gallium arsenide (GaAs) dan gallium phosphide (GaP), dll.

Bahan semikonduktor yang sangat populer yang digunakan untuk memproduksi LED adalah:

  1. Indium gallium nitride (InGaN) – Digunakan dalam LED kecerahan tinggi biru, hijau, dan ultraviolet
  2. Aluminium gallium indium phosphide (AlGaInP) – Digunakan dengan LED kecerahan tinggi berwarna kuning, oranye, dan merah
  3. Aluminium gallium arsenide (AlGaAs) – Digunakan dalam LED merah dan inframerah
  4. Gallium phosphide (GaP) – Digunakan dalam LED kuning dan hijau

 Jenis-Jenis LED

LED hadir dengan paket berbeda untuk berbagai jenis aplikasi, seperti :

  1. Miniatur LED
  2. LED berdaya tinggi
  3. LED yang digerakkan oleh AC
  4. Variasi khusus aplikasi LED
  5. a) LED Berkedip
  6. b) LED dua warna
  7. c) LED RGB Tri-warna
  8. d) LED warna-warni dekoratif
  9. e) LED alfanumerik
  10. f) LED RGB Digital
  11. g) LED Filamen
  12. h) LED susunan chip-on-board

Pada dasarnya ada 2 jenis LED.  “Daya Tinggi” dan “Daya Rendah”.  LED Daya Tinggi adalah dioda yang dioperasikan dengan lebih dari 10mA.  Mereka memungkinkan luminositas tinggi di ruang kecil, tetapi juga peka panas dan memiliki masa pakai yang lebih pendek.

 LED DIP

Paket dual-in-line – tipe paling awal dari dioda pemancar cahaya.  LED ini disolder ke papan sirkuit dengan dua kabel dan hanya memancarkan satu panjang gelombang cahaya.  Ini sering digunakan sebagai tampilan untuk perangkat listrik.

 LED SMD

Perangkat yang dipasang di permukaan, masih merupakan jenis LED yang paling umum.  Semikonduktor dan heat sink membentuk satu kesatuan.  Dioda disolder dalam sirkuit ke papan sirkuit.  Semikonduktor itu sendiri disolder ke heat sink, sambungan solder ini adalah perpindahan panas dan sambungan listrik pada saat bersamaan.  Komponen listrik kedua adalah yang disebut kabel ikatan di mana tegangan diterapkan.

 LED COB

Chip-on-board.  Dengan teknologi ini, semikonduktor disolder langsung ke papan dalam kemasannya sendiri.  Ini dapat terdiri dari bahan yang berbeda dan juga berfungsi sebagai heat sink.  Keramik adalah bahan yang baik karena sifat penghantar panasnya sangat baik.  Tegangan dihasilkan oleh dua kabel pengikat.  Teknik ini menjadi semakin populer.

Teknologi COB memungkinkan pengembangan filamen modern.  Ini bukan hanya terobosan dalam hal teknologi, tetapi juga dalam hal desain.

Kegunaan LED?

Kualitas lampu LED memberikan berbagai manfaat bagi para insinyur desain.  Ini memberikan efisiensi energi yang tinggi, layanan umur panjang, operasi suhu dingin, tersedia dalam berbagai warna, dapat dikontrol, kemampuan instan, Tanpa emisi UV atau inframerah yang sangat sedikit, dan fleksibilitas desain, dll.

Untuk semua kualitas ini, mereka digunakan di berbagai bidang teknologi seperti komunikasi optik, sistem alarm dan keamanan, operasi yang dikendalikan dari jarak jauh, robotika, dll. Lampu ini juga digunakan dalam industri elektronik (penerangan belakang TV, layar) dan otomotif.

Teknologi Tampilan LED

Iluminasi LED memberikan masa pakai operasional yang lama, keandalan, dan tampilan visual yang hampir bebas perawatan.

Light-Emitting Diodes (LEDs) telah muncul sebagai alternatif solid-state untuk lampu pelepasan intensitas tinggi (HID) tradisional.  Menawarkan sejumlah keunggulan operasional dan kinerja yang berbeda, teknologi iluminasi LED dapat memecahkan beberapa tantangan yang ditemukan dalam merancang larik proyeksi dan aplikasi lainnya.

 Keunggulan Utama iluminasi LED

  • Teknologi solid-state– Tahan lama dan hampir bebas perawatan, bahkan dalam aplikasi yang paling menuntut.
  • Instan– Tanpa menunggu pemanasan – segera bagikan informasi Anda, terutama dalam situasi kritis misi.
  • Umur sangat panjang– Bertahun-tahun beroperasi tanpa perlu mengganti sumber cahaya.
  • Gamut warna lebar untuk warna yang lebih hidup – Karakteristik dan rentang spektrum melampaui sistem warna tradisional.
  • Kontrol kecerahan yang lebih baik –Memberikan kemampuan untuk mereproduksi konten Anda seakurat mungkin.
  • Bertanggung jawab terhadap lingkungan –Tidak ada bahan habis pakai dan operasi berefisiensi tinggi.
  • Tampilan visual yang tahan lama,andal, dan hampir bebas perawatan

Iluminasi LED merevolusi tampilan visual dengan menawarkan platform yang tidak berisi komponen habis pakai yang seharusnya memerlukan penggantian dan pemeliharaan terjadwal.  Dengan masa operasi 7 hingga 10 tahun (tergantung aplikasinya) dan fitur manajemen internal yang terus memantau dan mengelola kecerahan, kontrol warna, dan level hitam di seluruh tampilan.  Platform teknologi iluminasi LED memastikan pengoperasian tanpa perawatan secara virtual.

Tags :

Related Post to Apa Itu Teknologi LED

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Posted at December 23, 2020

Teknologi LED adalah salah satu teknologi yang merubah duniia.  Ini adalah cara kecil untuk membantu lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi.  Banyak sekali manfaat teknologi LED bagi... Read More

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Posted at December 22, 2020

LED (Light Emitting Diodes) adalah kemajuan teknologi terbaru dan paling menarik dalam industri pencahayaan, yang muncul relatif baru-baru ini dan mendapatkan popularitas di pasar... Read More

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Posted at December 21, 2020

Light-emitting diode (LED) adalah teknologi yang sangat serbaguna.  Kemampuannya untuk menghasilkan cahaya dengan harga murah, efisien, dan untuk waktu yang lama membuatnya ideal untuk... Read More

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Posted at December 20, 2020

Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak aplikasi LED seperti lampu jalan.  Senter LED dll LED adalah drive dari dioda persimpangan PN. Dioda ini dioperasikan... Read More

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru

Posted at April 5, 2020

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana sih cara cek keberangkatan haji sesuai nomor porsi?... Read More