Beberapa kebiasaan yang harus di hindari oleh penderita Diabetes

Posted on

Beberapa kebiasaan yang harus di hindari oleh penderita Diabetes

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan aktivitas pada hormon insulin. Yang mana dihasilkan oleh kelenjar Pankreas. Oleh sebab itu penyakit yang kita kenal dengan denga kencing manis ini harus kita waspadai. Sebab jika tidak nyawapun akan raib berkat efek dari keganasan penyakit Diabetes.

Orang yang terkena penyakit ini setidaknya harus lebih hati-hati dan selalu menjaga agar tidak menambah memperburuk kondisi keadaan tubuhnya. Biasanya penyakit ini muncul disebabkan oleh kadar gula dalam darah meningkat. Gejala awal penyakit kencing manis ini antara lain sering meras haus, lapar, sering kencing, adanya penurunan berat badan secara tiba-tiba dan mudah merasa lelah.
Bahkan berbagai penelitian telah dicoba tentang keberadaan penyakit ini. Bahwa penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan mata, saraf, ginjal dan bahkan kulit. Seperti yang dikutip dari detikhealth.

Oleh sebab itu penyakit Diabetes ini dapat kita hindari dengan cara beberapa faktor, yaitu dengan cara memperhatikan porsi makan, meningkatkan rutinitas dan aktivitas olahraga, menghindarkan diri dari stres serta perbanyak mengkonsumsi air putih, minimal 5-6 gelas dalam hari.

Tak hanya itu penderita penyakit Diabetes juga harus mengubah beberapa kebiasaan yang dapat mengakibatkan kondisi tubuh semakin memburuk. Berikut kami berikan beberapa kebiasaan yang harus di hindari oleh penderita Diabetes.

1. Terlalu lama menonton TV / duduk di depan komputer
Keasyikan menonton TV atau malah duduk lama di sepan komputer memang membuat kita terasa terhibur, namun bagi penderita kencing manis, hal ini dapat menyebabkan penyakit diabetes malah semakin meninggi. Sebab dapat menghambat proses kerja gula darah dalam tubuh.

2. Kurang istirahat / tidur.
Seseorang yang kerjaannya menumpuk hingga dikerjakan tanpa mengenal batas waktu, akan berdampak pada kurangya istirahat/tidur. Sehingga akan timbul perasaan untuk mengkonsumsi makanan berlebih.

3. Melakukan penurunan berat badan.
Perut buncing membuat tubuh kita merasa kurang Pede, sehingga timbul untuk melakukan diet. Jika hal itu dilakukan oleh penderita diabetes akan menimbulkan ketidakstabilan proses kerja kadar gula.

4. Tidak teratur memeriksakan dirinya
Pasien Diabetes harus selalu teratur memeriksakan dirinya untuk mengetahui besar tidaknya jumlah kadar gula dalam tubuhnya.