Bekal Makanan, Cara Sehat Menjaga Perkembangan Gizi Di Sekolah

Posted on

Bekal Makanan, Cara Sehat Menjaga Perkembangan Gizi Di Sekolah
Memberikan bekal makanan untuk anak yang hendak menimba ilmu bukanlah hal baru. Namun kenyataannya, tidak semua orang tua melakukan hal itu. Hal ini dikarenakan kesibukan orang tua atau yang lainnya. Sehingga dengan uang jajan beberapa ribu saja orang tua sudah merasa pusa dengan kewajibannya. Akan tetapi, semua itu ternyata bukan jalan keluar yang baik. Kerana dengan hanya memberi uang jajan yang cukup, belum tentu kebutuhan anak akan gizi akan terpenuhi.

Anak dengan usia yang masih sangat belia merupakan saat dimana pertumbuhan dan perkembangan akan banyak terjadi. Pertumbuhan dan perkembangan yang dimaksud tidak hanya terdiri dari fisik saja, namun perkembangan otak juga akan banyak berkembang di usia ini. oleh karena itu, kebutuhan gizi sangat penting untuk anak-anak. Sebagai pelajar di sekolah yang menghabiskan sedikitnya 5 jam di sekolah, akan memberi banyak dampak terhadap perkembangan anak. Dengan ini maka seharusnya kebutuhan gizi selama anak berada di lingkungan belajar juga harus dijaga.

Bekal Makanan, Cara Sehat Menjaga Perkembangan Gizi Di Sekolah

Salah satu menjaga kebutuhan gizi yang baik di sekolah adalah dengan memberinya bekal makanan yang sehat. Dengan bekal makanan yang sehat maka kecenderungan untuk jajan di sekolah akan berkurang, selain itu, bekal makanan lebih sehat dan bergizi dari jajanan sekolah. Apalagi jajan yang bertebaran di sekolah hanya banyak yang tidak sesuai dengan standar keamanan pangan. Pada suatu hasil riset tahun 2008 hingga tahun 2010, kemanan pangan yang memenuhi standar hanya 56% hingga 60%. Persentase tersebut bertambah di tahun 2011 hingga 2012 yang meningkat hingga 76%.

Angka tersebut ternyata masih kurang, mengingat kebutuhan anak akan gizi cukup besar. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menyiapkan bekal makanan yang kaya akan gizi dari rumah. Sehingga dengan menyiapkan bekal yang sehat maka selain memberikan perkembangan yang postif juga bisa menghindarkan anak dari jajanan yang belum tentu terjamin kesehatannya. Apabila asupan gizi cukup maka perkembangan kesehatan dan otak anak juga akan terjamin.