Cara Mencegah Kanker Paru-paru

Posted on

Cara Mencegah Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan kanker yang terjadi pada jaringan paru. Penyebab utama dari jenis kanker ini adalah kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Agar bisa terhindar dari kanker ini, maka kita perlu menghindari karsinogenik, yaitu zat penyebab kanker.

 

Gejala kanker paru-paru
Berikut ini adalah gejala umum dari kanker paru-paru.
1. Dahak berdarah, mengalami perubaan warna dan kian banyak.
2. Batuk secara terus menerus atau menjadi hebat.
3. Kelelahan kronis
4. Sakit kepala, nyeri tulang atau retak tulang yang tak jelas penyebabnya.
5. Sesak napas dan napas pendek.
6. Selera makan hilang atau berat badan penurun dengan sebab yang tak jelas.
7. Adanya pembengkakan pada leher atau wajah.
8. Suara serak.

Bagi orang yang tidak menderita kanker paru-paru, mencegah adalah lebih baik. Dengan menghindari penyebab kanker paru-paru, berarti kita melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini adalah cara mencegah kanker paru-paru.

1. Menghindari kebiasaan merokok
Seperti yang tertera pada bungkus rokok, merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker paru-paru. Bukan hanya berbahaya untuk diri sendiri, kebiasaan merokok juga berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar perokok yang juga ikut menghirup asap rokok. Meski bukan perokok aktif, tetapi perokok pasif, tetap saja berisiko terkena kanker paru-paru.

2. Menghindari asap rokok
Seperti yang telah dijelaskan pada poin 1 bahwa perokok pasif juga mempunyai risiko terkena kanker paru-paru. Agar tehindari dari asap rokok di tempat-tempat umum, penggunaan masker bisa dijadikan sebagai pilihan.

3. Menghindari paparan zat kimia berbahaya
Pencegahan berikutnya adalah dengan cara menghindari paparan zat kimia berbahaya, termasuk zat radioaktif. Zat kimia berbahaya merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker paru-paru.

4. Menghindari konsumsi alkohol
Selain kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa bisa memicu munculnya kanker paru-paru. Bukan hanya kanker paru-paru saja, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol.

5. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki kandungan zat antioksidan dapat berguna untuk mencegah kanker paru-paru. Zat antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang kerap kali dikaitkan dengan kanker.

6. Olahraga
Kegiatan olahraga juga bisa mencegah kanker. Aktif bergerak bisa menjauhkan diri dari penyakit berbahaya, termasuk kanker.

Itulah cara mencegah kanker paru-paru.