Cara Mencegah Kanker

Posted on

Cara Mencegah Kanker

Penyakit kanker bukanlah penyakit ringan. Namun, penyakit ini bisa dicegah. Mencegah kanker lebih mudah daripada mengobati kanker. Dalam mencegah penyakit kanker, perlu adanya wawasan tentang penyebab kanker agar dapat menghindari munculnya sel-sel kanker.

Berikut ini adalah sejumlah cara mencegah kanker.

1. Hindari kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk organ paru-paru, jantung, dan mulut. Kebiasaan merokok bisa menimbulkan kanker paru-paru dan mulut. Selain berbahaya bagi diri sendiri, kebiasaan merokok juga dapat berdampak buruk bagi orang-orang yang ada di sekitar perokok. Orang yang ikut menghirup asap rokok walaupun bukan perokok (perokok pasif) juga berisiko terkena kanker.

2. Diet seimbang
Mungkin saja ada yang menganggap kalau diet identik dengan cara yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Yang dibahas di sini bukanlah diet yang semacam itu. Agar bisa mencegah tumbuhnya sel abnormal pada bagian tubuh tertentu, tubuh membutuhkan nutrisi dan vitamin setiap hari.Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk melewatkan salah satu makanan bergizi tertentu. Kosumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar kebutuhan tubuh akan vitamin dan nutrisi dapat tercukupi. Di samping itu, buah-buahan mengandung antioksidan, yang merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

3. Gunakan tabir surya

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang pada manusia. Umunya, kanker ini diakibatkan oleh radiasi sinar matahari. Oleh karena itu, pemakaian tabir surya berguna untuk mencegah kanker kulit.

4. Berolahraga
Sudah bukan rahasia lagi kalau melakukan kegiatan olahraga bisa mencegah penyakit-penyakit berbahaya. Olahraga berguna untuk membantu tubuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Durasi olahraga yang diperlukan beragam, dari 30 sampai 60 menit.

5. Hindari tempat berpolusi tinggi
Salah satu tempat berpolusi tinggi adalah jalan raya. Hindari membuka jendela mobil ketika berada di jalan raya, karena bukan hanya debu saja, tetapi juga terdapat banyak zat penyebab kanker (karsinogenik) yang berbahaya untuk manusia.

6. Periksa kesehatan secara rutin
Dengan melakukan check-up medis secara rutin, kita bisa mengetahui tentang kondisi kesehatan tubuh kita. Mendeteksi kanker sejak dini bisa meningkatkan peluang untuk bisa sembuh secara cepat.

Itulah sejumlah cara mencegah kanker.