Cara Mencegah Penyakit Jantung

Posted on

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya dan merupakan salah satu penyakit penyebab kematian. Jika penyakit ini tidak segera diobati, maka bisa berakibat fatal hingga menyebabkan penderitanya meninggal. Oleh karena itu, melakukan langkah pencegahan merupakan langkah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berikut ini adalah cara mencegah penyakit jantung.

 

1. Pola makan sehat
Makanan yang mengandung banyak lemak atau kolesterol tinggi sebaiknya dihindari. Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng yang mengandung banyak lemak. Makan makanan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus. Sebagai alternatif untuk mengonsumsi makanan yang digoreng, minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa diganti dengan minyak zaitun. Hal ini karena minyak zaitun mengandung sedikit lemak.

Selain makanan berlemak, minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti soft drink juga perlu dihindari. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga tidak baik karena akan dipecah menjadi lemak. Jaga pola makan agar tubuh tidak mengalami kegemukan atau obesitas.

2. Menghindari obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat tekanan darah tinggi meningkat dan ketidaknormalan lemak. Mengobati atau menghindari obesitas merupakan suatu cara untuk menghindari diabetes. Diabetes dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung sehingga menghindari obesitas juga termasuk salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung.

3. Menghindari hipertensi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Hipertensi bisa melukai dinding arteri dan menimbulkan kemungkinan kolesterol LDL masuk ke saluran arteri dan menyebabkan peningkatan penimbunan plak. Oleh karena itu, mencegah hipertensi juga merupakan salah satu cara guna mencegah penyakit jantung.

4. Menghindari kebiasaan merokok
Merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk jantung. Jadi, hindari kebiasaan merokok.

5. Mengonsumsi antioksidan
Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan endapan pada pembuluh darah yang bisa menimbulkan penyumbatan. Radikal bebas bisa ditangkal dengan antioksidan yang bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

6. Menghindari stres
Pekerjaan yang sibuk dapat memicu timbulnya stres. Saat seseorang dalam kondisi stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon kortisol yang mengakibatkan pembuluh darah menjadi kaku. Selain itu, hormon norepinephrine juga diproduksi ketika menderita stres, yang bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Oleh karena itu, menghindari stres merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

7. Olahraga
Melakukan olahraga seperti jalan kaki, jalan cepat, atau jogging dapat berguna bagi kesehatan jantung. Kegiatan olahraga yang tidak bersifat kompetisi dan tak terlalu berlebih bisa memperkuat kerja jantung dan memperlancar peredaran darah.

Itulah cara mencegah penyakit jantung.