HOME
Home » Kesehatan » Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Posted at December 27th, 2020 | Categorised in Kesehatan

Ada banyak faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena hipertensi atau darah tinggi. Faktor tersebut seperti gaya hidup tidak sehat, faktor keturunan, kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak dan asin, menggunakan obat-obatan tertentu, merokok atau mempunyai penyakit tertentu.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Seseorang yang menderita darah tinggi memiliki tekanan darah diatas 130/80 mmhg. Banyak orang yang mengabaikan penyakit hipertensi karena dianggap sebagai hal sepele. Namun tahukah Anda? Bahwa jika hipertensi tidak segera teratasi, maka dapat memicu adanya penyakit stroke, jantung, kebutaan bahkan hingga gangguan ginjal.

Penyebab Dari Penyakit Hipertensi

Memang belum diketahui secara pastipenyebab dari hipertensi. Akan tetapi terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan adanya resiko tekanan darah tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia, pembuluh darah dan organ yang ada pada tubuh bisa mengalami perubahan.

Misalnya seperti perubahan yang terjadi pada ginjal, dapat menurunkan fungsinya. Hal ini dapat memicu adanya gangguan keseimbangan antara cairan dan garam dalam tubuh. Perubahan pembuluh darah menimbulkan penuaan yang menyebabkan bagian dinding pembuluh darah kaku.

Apabila kedua hal tersebut dibiarkan, maka dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Sebab itulah alasan mengapa orang yang sudah memasuki usia 35 tahun harus menjaga pola gaya hidup yang sehat agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

Sebelum mengetahui cara menurunkan darah tinggi, simak beberapa penyebab hipertensi berikut:

  1. Obesitas
    Resiko darah tinggi juga bisa dialami bagi orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas. Tubuh seseorang yang semakin gemuk akan membutuhkan pasokan darah, nutrisi maupun oksigen ke seluruh tubuh lebih banyak. Sehingga pada saat volume darah meningkat, hal ini beresiko meningkatkan pembuluh darah pula.
  2. Mengkonsumsi Alkohol dan Merokok
    Zat kimia dalam tembakau menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang beresiko meningkatkan tekanan pembuluh darah maupun jantung. Hal ini berlaku untuk perokok pasif maupun perokok aktif.
    Selain rokok, mengkonsumsi minuman beralkohol juga memberikan efek dinding pembuluh darah lebih kaku dan keras. Sehingga jantung memompa darah lebih kuat.
  3. Kurang Gerak
    Tubuh yang kurang atau jarang melakukan olahraga mempunyai detak jantung lebih tinggi dan hal ini rentan terhadap obesitas. Kondisi seperti inilah yang membuat jantung bekerja dengan keras dan meningkatkan adanya resiko hipertensi.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Kabar baik yang bisa diterima, bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat dikontrol dan meminimalisir hipertensi dengan cara menjaga pola gaya hidup dan memodifikasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menurunkan darah tinggi dengan cepat tanpa obat yaitu:

    1. Mengurangi Asupan Garam dan Natrium
      Salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi hipertensi yaitu dengan mengurangi asupan garam maupun natrium. Batas konsumsi natrium secara umum, maksimalnya 2300 mg untuk perharinya.
      Semakin minim garam yang dikonsumsi, maka membuat penderita hipertensi dapat meminimalisir teknan darah yang tinggi.
    2. Berhenti Merokok
      Setelah seseorang selesai merokok, maka secara perlahan tekanan darah tinggi semakin naik. Cara menurunkan darah tinggi bagi Anda yang perokok, maka harus menghentikan rokok. Meskipun hal ini sulit, namun mau tidak mau Anda harus menghilangkan kebiasaan buruk itu.
      Kebiasaan merokok tidak hanya menimbulkan tekanan darah tinggi saja. Melainkan juga beresiko meningkatkan penyakit jantung maupun penyakit yang lainnya.
    3. Mengurangi Asupan Kafein
      Kafein yang terdapat pada coklat, kopi, the, minuman bersoda maupun minuman berenergi dapat meningkatkan tekanan darah sampai 10 mmhg untuk orang yang jarang mengkonsumsinya.
      Sementara orang yang secara rutin mengkonsumsi asupan minuman yang mengandung kafein maka berkemungkinan 60%lebih cepat meningkat. Sebaiknya batasi atau mengurangi asupan kafein jika tekanan darah Anda sudah dinyatakan tinggi atau hipertensi.
    4. Mengurangi Karbohidrat Olahan dan Gula
      Cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan melakukan diet rendah gula dan rendah karbohidrat. Tekanan darah dapat berkurang antara 4,5 hingga 5,9 mmhg apabila melakukan diet rendah karbohidrat.
      Diet rendah gula dan karbohidrat bisa menjadikan diri seseorang justru merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Anda bisa lebih banyak mengkonsumsi protein dan mengurangi jenis olahan seperti tepung terigu.
    5. Mengkonsumsi Asupan Kalium
      Makanan yang mempunyai kandungan kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium merupakan mineral yang sangat penting untuk membantu melancarkan peredaran darah serta mengikat natrium.
      Banyak sekali makanan atau sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi tanpa mengkonsumsi obat. Misalnya seperti sayuran kangkung, bayam, kale, kentang, tomat, buah pisang, melon, alpukat, aprikot, jeruk, salmon, tunai, yoghurt, susu, biji-bijian dan kacang-kacangan.
    6. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Magnesium
      Makanan yang mengandung magnesium maka semakin cepat pula tekanan darah tinggi teratasi. Magnesium merupakan mineral yang paling penting untuk membantu pembuluh darah agar tetap rileks.
      Jenis makanan yang mempunyai kandungan magnesium tinggi yaitu seperti kacang-kacangan, susu, sayuran, biji-bijian, maupun ayam.
    7. Hindari Stres
      Tekanan darah tinggi bisa saja muncul akibat pikiran yang terlalu stres. Terlebih lagi apabila rasa stres juga di imbangi karena mengkonsumsi alkohol. Kurangi stres dengan cara mengurai apa saja penyebab utama yang menimbulkan pikiran menjadi kacau dan carilah solusinya.
      Apabila belum bisa menghilangkan rasa stres yang ada, cobalah untuk mengubah cara pandang karena memang tidak semua hal dapat dikendalikan. Luangkan waktu untuk bersantai supaya pikiran menjadi lebih rileks dan perbanyak istirahat.
    8. Penuhi Jam Tidur dengan Baik
      Mempunyai jam istirahat dan jam tidur yang efektif pastinya dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang. Sementara kondisi yang sulit tidur justru mempengaruhi adanya tekanan darah yang lebih tinggi. Terutama diri seseorang yang sudah memasuki usia setengah baya.
      Pada saat tidur maka darah dapat turun. Hipertensi dapat teratasi jika jam tidur teratur dan 7 jam untuk setiap harinya.
    9. Melakukan Olahraga Secara Rutin
      Melakukan olahraga secara rutin menjadi cara menurunkan darah tinggi paling ampuh dan alami. Dalam mengatasi permasalahan pada tekanan darah yang terlalu tinggi, jenis olahraga yang cocok yaitu seperti bersepeda, jalan kaki, berenang, lari, senam atau jenis olahraga lainnya.
      Sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dan pastikan bahwa Anda merasa nyaman selama melakukan olahraga.
    10. Konsumsi Makanan Protein Tinggi
      Seseorang yang mengkonsumsi protein dalam jumlah yang lebih banyak mempunyai resiko hipertensi lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi protein. Mengkonsumsi protein rata-rata 100 gram untuk per harinya, maka resiko hipertensi yang diperoleh yaitu 40%.
      Sementara orang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi lebih rendah terkena hipertensi. Ada banyak sekali makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi seperti daging sapi, ikan salmon, ikan tuna, telur, dada ayam, kacang-kacangan, polong-polongan seperti lentil dan kacang merah dan keju.

Hipertensi atau darah tinggi seringkali disebut sebagai silent killer. Tentu saja hal ini karena hipertensi tidak memberikan gejala, namun memberikan resiko yang semua orang pasti tidak ingin merasakannya, yaitu stroke dan jantung. Kondisi darah yang normal yaitu kisaran 120/80 mmhg.

Untuk angka 20 menunjukkan tingkat tekanan pada saat jantung memompa darah hingga seluruh tubuh. Bisa juga disebut sebagai tekanan sistolik. Sementara untuk angka 80 berarti tingkat tekanan ketika jantung beristirahat sejenak sebelum memompa lagi. Hal ini disebut sebagai tekanan diastolik.

Tags :

Related Post to Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Inilah Produk-Produk SehatQ.com yang Harus Kamu Ketahui

Posted at January 5, 2020

Inilah Produk-Produk SehatQ.com yang Harus Kamu Ketahui   Inilah produk-produk sehatQ.com yang harus kamu Ketahui! Saat ini, kondisi cuaca sedang berada di musim penghujan... Read More

Manfaat Garam Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Garam Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Posted at August 12, 2017

Manfaat Garam Untuk Kecantikan Kulit Wajah Garam biasanya dijadikan sebagai bahan utama penyedap makanan, selain itu ternyata manfaat garam juga baik untuk kecantikan dan... Read More

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Kesehatan Mulut

Posted at August 9, 2017

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Kesehatan Mulut Berkumur menggunakan air garam sudah sejak dulu dipercaya dapat mengatasi masalah mulut. Garam yang dicampurkan kedalam... Read More

Manfaat Air Lemon Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Lemon Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Posted at July 30, 2017

Manfaat Air Lemon Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh – Buah lemon menjadi salah satu varian jeruk yang sangat banyak diminati, dan juga digunakan pada berbagai... Read More

Khasiat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Posted at July 29, 2017

Khasiat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Minyak zaitun memang menjadi salah satu minyak yang biasa digunakan dalam produk kecantikan dan kesehatan. Jadi tidak heran... Read More