HOME
Home » Teknologi » Contoh Aplikasi Teknologi LED

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Posted at December 21st, 2020 | Categorised in Teknologi

Light-emitting diode (LED) adalah teknologi yang sangat serbaguna.  Kemampuannya untuk menghasilkan cahaya dengan harga murah, efisien, dan untuk waktu yang lama membuatnya ideal untuk banyak aplikasi.  Teknologi LED telah menjadi standar untuk penerangan belakang monitor dan televisi dan juga digunakan di banyak perangkat elektronik portabel.  Perangkat penerangan rumah tangga secara rutin menggunakan LED.  Array LED yang besar cocok untuk digunakan di tempat-tempat di mana lampu keluaran tinggi sebelumnya telah digunakan.

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Teknologi LED sederhana.  Arus listrik melewati LED, dan elektron dalam arus tersebut mentransfer sebagian energinya ke cahaya tampak.  LED menggunakan sebagian kecil dari daya yang dibutuhkan lampu pijar dan bahkan lebih efisien daripada lampu fluoresen.  Mereka memiliki keuntungan tambahan untuk bertahan selama bertahun-tahun dalam kondisi penggunaan normal.

Beberapa tahun yang lalu, aplikasi untuk penerangan LED tidak lebih dari lampu Natal dan sinar laser.  Namun, teknologinya telah berkembang pesat menjadi salah satu solusi pencahayaan terkemuka dan terkemuka saat ini.  Teknologi LED disesuaikan untuk bertahan lebih lama, menawarkan pendaran kualitas yang lebih baik dan yang lebih penting, untuk menghemat energi hingga 60% dibandingkan dengan solusi pencahayaan tradisional.

Dioda pemancar cahaya merupakan sumber cahaya yang sangat baik untuk aplikasi apa pun.  Versi awal memancarkan cahaya hanya dalam spektrum yang sangat sempit, yang membuatnya tidak cocok untuk beberapa tugas.  Teknologi LED modern lebih serbaguna, dan LED dapat ditemukan di bola lampu biasa, lampu Natal, dan produk baru.  Dioda individu menghasilkan sedikit cahaya, tetapi array besar dapat menggantikan bohlam dengan watt berapa pun.  LED yang memancarkan sinar ultraviolet bisa digunakan sebagai dekorasi pesta.

Contoh Aplikasi Teknologi LED Terbaru

Dari senter hingga lampu mobil, berbagai macam produk mengadopsi teknologi LED.  Karena sangat serbaguna, dioda pemancar cahaya juga menemukan beberapa aplikasi inovatif dan menarik, yang tidak akan mungkin terjadi tanpa teknologi.

Berikut adalah  contoh aplikasi teknologi LED yang menarik:

 1. Langit Virtual

Tempat kerja di dalam ruangan bisa menjadi monoton dan membosankan.  Tidak ada alternatif selain makan siang keluarga di bawah langit biru atau menyiapkan meja kerja di bawah bayang-bayang awan!  Nah, teori itu juga memiliki kelemahan yaitu sinar matahari yang keras, partikel debu tertiup ke wajah Anda dan hujan.  Menariknya, teknologi LED yang ditemukan oleh para peneliti di Institut Fraunhofer untuk Teknik Industri IAO dapat menggantikan langit-langit rumah / kantor tradisional Anda dan meniru suasana menyenangkan hidup di bawah langit biru jernih dengan awan yang lewat.  Ini tidak hanya membuat hidup / bekerja lebih menyenangkan tetapi dapat meningkatkan produktivitas lebih dari 15%. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

 2. LED Mobil Sunroof

Berkendara di bawah terik matahari bisa membuat frustasi, terlepas dari kualitas AC kendaraan Anda.  Nah, bagaimana jika sinar matahari bisa diberi pekerjaan yang lebih baik?  Sunroofs Mobil LED didukung oleh energi matahari dan memungkinkan penumpang untuk memilih di antara berbagai mode pencahayaan interior.  Dengan membalik sakelar, Anda dapat beralih dari sunroof bening (ideal untuk berkendara musim dingin) ke alternatif buram dan dingin.  Anda bahkan dapat memilih derajat cahaya yang memasuki kendaraan. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

 3. Lensa Kontak LED Bionik

Lensa kontak normal memungkinkan Anda melihat dengan jelas, tetapi alternatif bionik yang didukung oleh teknologi LED ini memungkinkan Anda membaca email langsung di retina!  Saat ini sedang dikembangkan oleh Aalto University, Finlandia, lensa kontak bionik bekerja dengan mengirimkan informasi ke chip transparan yang terpasang pada lensa untuk mentransfer layar komputer langsung ke retina mereka.  Anda tidak perlu memutuskan kontak mata dalam rapat yang membosankan untuk memeriksa email Anda. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

 4. Strip Lampu LED

Pengendara sepeda suka menghiasi perjalanan mereka dengan lampu yang menyala di malam hari dan mencoba menghadirkan sesuatu yang fiksi ilmiah.  Namun penggunaan umbi beras sepertinya tidak sesuai dengan tren modern.  Nah, strip lampu yang ditenagai oleh LED bisa menjadi alternatif yang praktis dan menarik.  Mereka dapat dipasang pada sepeda motor dan mobil untuk menampilkan perjalanan yang unik.  Selanjutnya, strip cahaya ini benar-benar tahan air. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

 5. Wallpaper LED

Alternatif digital untuk mengecat dinding Anda, wallpaper LED dapat diprogram untuk menghadirkan nuansa yang berubah di dinding rumah Anda.  Pada satu saat Anda melihat diri Anda berada di tempat tidur di dasar laut dan di saat lain, sofa Anda akan ditempatkan tepat di tengah Amazon. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

 6. Sinar Matahari Dalam Botol

LED sangat cocok untuk dekorasi digital.  Produk seperti Sunshine in a Bottle bisa menjadi instalasi unik di rumah Anda.  Pada siang hari, botol bisa diletakkan di bawah sinar matahari untuk menghemat sinar matahari dan menyala di malam hari. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

 7. Bulu Mata LED

Bulu Mata LED akan bersinar dalam gelap dan bahkan dapat dimatikan dan dinyalakan dengan sedikit memiringkan kepala Anda.  Aneh tapi menarik. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

8. Layar Gadget

Persyaratan daya yang sederhana dari teknologi LED modern telah membuat pekerjaan merancang perangkat elektronik seluler jauh lebih sederhana. Ponsel pintar dan komputer tablet modern menggunakan LED sebagai lampu belakang dan sebagai lampu indikator.  Senter LED tidak mahal dan memberikan cahaya untuk jangka waktu yang jauh lebih lama daripada lampu pijar. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

9. Televisi dan Monitor

Televisi dan monitor layar datar membutuhkan pencahayaan belakang yang aktif untuk menghasilkan gambar yang terlihat.  Bola lampu fluoresen intensitas tinggi adalah standar untuk tugas ini tetapi sebagian besar telah diganti dengan teknologi LED.  Banyak LED digunakan dalam larik di monitor jenis ini, yang memungkinkan penerangan hanya pada bagian layar yang perlu diterangi, yang mengurangi konsumsi daya.  Efisiensi alami LED semakin mengurangi jumlah daya yang dibutuhkan, dan jenis tampilan ini memiliki umur yang diharapkan lebih lama, karena ketahanan komponen LED. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

10. Lampu Headlight Mobil

Array LED sekarang digunakan dalam aplikasi pencahayaan berdaya tinggi.  Banyak mobil menggunakan lampu depan LED dan lampu indikator.  Lampu semacam itu sangat berguna sebagai lampu indikator karena tetap berfungsi meskipun salah satu dioda rusak.  Sinyal lalu lintas sekarang sering menggunakan teknologi LED, karena dapat memperoleh manfaat dari penghematan energi yang signifikan. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi LED yang sangat menarik.

Demikianlah informasi tentang contoh aplikasi teknologi LED, semoga bisa menjadi bahan referensi untuk Anda.

Tags :

Related Post to Contoh Aplikasi Teknologi LED

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Posted at December 23, 2020

Teknologi LED adalah salah satu teknologi yang merubah duniia.  Ini adalah cara kecil untuk membantu lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi.  Banyak sekali manfaat teknologi LED bagi... Read More

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Posted at December 22, 2020

LED (Light Emitting Diodes) adalah kemajuan teknologi terbaru dan paling menarik dalam industri pencahayaan, yang muncul relatif baru-baru ini dan mendapatkan popularitas di pasar... Read More

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Posted at December 20, 2020

Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak aplikasi LED seperti lampu jalan.  Senter LED dll LED adalah drive dari dioda persimpangan PN. Dioda ini dioperasikan... Read More

Apa Itu Teknologi LED

Apa Itu Teknologi LED

Posted at December 19, 2020

LED adalah salah satu penemuan terbaru dan banyak digunakan saat ini.  Popularitas dan aplikasinya meningkat pesat karena ukurannya yang sangat kecil dan konsumsi daya... Read More

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru

Posted at April 5, 2020

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana sih cara cek keberangkatan haji sesuai nomor porsi?... Read More