Diabetes Bisa Disebabkan Makanan Yang Diolah Dengan Pemanasan

Posted on

Diabetes Bisa Disebabkan Makanan Yang Diolah Dengan Pemanasan
Diabetes tidak lepas dengan makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Untuk itu, penderita diabetes biasanya menanggulangi penyakitnya hanya dengan mengurangi makanan yang memiliki kadar gula. Tentunya hal itu dilakukan agar kadar gula dalam tubuh penderita tidak meningkat dan menyebabkan reaksi terhadap tingginya glukosa dalam tubuh. Keyakinan mengenai hanya makanan yang memiliki kadar gula tinggi yang menyebabkan resiko diabetes ternyata tidak sepenuhnya benar.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa selain makanan berglukosa tinggi, diabetes juga diakibatkan oleh makanan yang diolah dengan suhu yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari University of Illinois membuktikan bahwa makanan yang diolah dengan suhu tinggi baik berupa pemanggangan, ataupun menggoreng ternyata memiliki resiko tinggi penyebab diabetes. Dalam penelitian itu seperti yang dilansir health.detik.com (5/3/2013) menyebutkan bahwa makanan yang dimasak dengan suhu yang tinggi menghasilkan Advanced Glycation End Product (GTE).

Advanced Glycation End Produt atau GTE merupakan senyawa yang cukup berbahaya, senyawa tersebut dapat menimbulkan terjadinya diabetes. GTE yang merupakan kandungan gula alami dalam tubuh akan bertambah konsntrasinya apabila seseorang terjangkit diabetes. Sehingga semakin besar kadar gula dalam tubuh maka kandungan ZTE juga akan semakin naik. Oleh karena itu, pertambahan dan perkembangan kandungan ZTE akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia dan meningkatnya kadar glukosa dalam tubuh.

Selain diakibatkan oleh factor alami dalam tubuh, GTE juga bisa disebabkan makanan yang dimasak dengan melakukan pemanasan berlebih. Oleh karena itu sebaiknya pengidap diabetes mengurangi konsumsi makanan yang diolah melalui pemanasan berlebih. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang diolah melalui pemanasan maka kandungan zat GTE dalan tubuh akan bertambah. Semakin banyak asupan GTE dalam tubuh maka sangat beresiko terhadap peradangan pada penyakit diabetes.

Selain itu sebuah keterangan dari American Diabetes Association, menyebutkan bahwa GTE sangat berpotensi menimbulkan penumpukan plak, serta pengerasan arteri. Hal ini akan sangat berbahaya karena penumpukan plak dan pengerasan arteri dapat mengganggu aliran darah ke jantung. Aliran darah yang terganggu menimbulkan darah ke jantung akan berkurang sehingga resiko terkena serangan jantung.