Hal Kecil Untuk Mencegah Timbulnya Diabetes

Posted on

Hal Kecil Untuk Mencegah Timbulnya Diabetes
Saat ini penyakit diabetes menyerang mayoritas orang di dunia. Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab penyakit ini. Penyakit ini termasuk penyakit yang harus diwaspadai karena menyebabkan komplikasi. Diabetes yang tidak dikendalikan bisa membuat orang kehilangan penglihatan, kaki dan mengganggu aktifitasnya.

Untuk mencegah berkembangnya diabetes adalah dengan menurunkanrisiko pradiabetes yaitu dengan cara memperbanyak konsumsi biji-bijian.Peneliti dari Swedia telah melakukan penelitian.Semua makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh dapat memberikan perlindungan terhadap prekursor diabetes. Biji-bijian tersebut antara lain oatmeal, jagung, beras merah dan gandum.

Selain mengkonsumsi biji-bijian, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes. Penderita diabetes tidak mampu mengubah makanan menjadi energi secara benar, sehingga kadar gula menumpuk di dalam darah. Diperlukan gaya hidup sehat untuk membantu menjaga kadar gula darah.

Hal kecil berikut ini bisa anda lakukan untuk mencegah diabetes. Dimulai dengan secara perlahan dan sedikit demi sedikit mengganti makanan asin, mengandung gula serta berlemak dengan gula dengan sayuran, buah dan biji-bijian. Tambahkan bumbu maupun rempah pada makanan yang rendah lemah sehingga lebih nikmat.

Pada masakan daging, ayam atau ikan usahakan untuk tidak digoreng namun dengan di steam atau dipanggang. Ketika memuat sereal tambahkan irisan pisang atau apel.

Cobalah untuk mencoba sayuran dan buah baru yang mungkin belum pernah dicoba. Selain itu usahakan untuk mempunyai jadwal makan yang teratur, tidak melewatkannya, dan mengurangi porsi makan dengan menggunakan piring dan gelas yang ukurannya lebih kecil serta menjadikan makan bersama-sama keluarga menjadi rutinitas yang mungkin bisa dilakukan hampir setiap hari.

Melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan ke sedang selama 5 hari dalam seminggu. Aktivitas fisik tersebut bisa berupa sepeda atau jalan cepat. Selain itu perbanyaklah waktu untuk berjalan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan lift, memarkir kendaraan yang lebih jauh atau dengan cara menghindari angkutan umum untuk jarak dekat. Hal-hal tersebut mungkin kelihatan sepele namun akan besar manfaatnya jika dilakukan secara rutin.