Ilmuwan jepang temukan sel pemusnah kanker

Posted on

Ilmuwan Jepang Temukan Sel Pemusnah Kanker

Sampai detik ini banyak yang mengatakan bahwa penyakit kanker hampir tak ada penawar obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Beberapa macam obat-obata yang tersedia hanyalah bertujuan agar dapat meringankan sel kanker yang terus berkembang. Namun salah seorang peneliti yang berasal dari jepang telah menemukan pengobatan baru untuk penyakit kanker, yaitu dengan cara memanfaatkan fungsi sel T yang bertujuan dapat membunuh kanker untuk pertama kali.

Sel T merupakan bagian dari sel darah putih yang yang memiliki peran utama untuk sistem kekebalan sel yang sudah memang tersedia di setiap tubuh dengan jumlah kecil. Oleh karnanya peneliti ini mencoba dengan cara menyuntikkan sel T tambahan dengan jumlah besar ke tubuh penderita kanker yang bertujuan dapat memperkuat sistem kekebalan sel dan tubuh secara keseluruhan untuk melawan kanker.

Awalnya peneliti ini harus mensetting ulang limfosit T yang memiliki peran sebagai penghancur  beberapa jenis kanker tertentu dan membuat sel lain yang disebut sel IPS ( Induced Pluripotent Stem Ceels. Sel IPS ini yang menghasilkan limfosit T spesifik kanker. Pada studi sebelumnya ditemukan limfosit T yang di dapat di laboratorium dengan menggunakam metode yang sederhana, namun masih kurang begitu efisien dalam menghancurkan sel kanker.

Untung saja seorang peneliti lain yang juga berasal dari jepang di bawah naungan Hiroshi Kawamoto mengulang program limfosit T pembunuh pada orang yang sudah dewasa menjadi sel IPS. Sehingga pengamatan ini terus di teliti hingga menemukan titik yang sempurna. Akhirnya limfosit T pembunuh ini dikembangkan di dalam laboratorium dengan proses di indukasikan agar dapat menjadi limfosit T pembunuh. Penemuan limfosit yang baru ini terbukti memiliki spesifik yang sama dengan aslinya yang ada pada sebagian jenis kanker kulit yang sama.

Bahkan peneliti yang satu ini dapat mempertahankan reorganisasi selnya sehingga limfosit T pembununh ini dapat mengekspresikan reseptor kanker pada permukaan tubuh. Tak hanya iti limfosit T yang baru ini juga dapat memproduksi senyawa anti tumor.

Langkah berikutnya yaitu mencoba, apakah sel T ini apat membunuh sel-sel tumor secara keseluruhan atau tidak. Cepat / tidak bahwa terapi penyembuhan seperti ini akan di realisasikan dalam waktu dekat.