Kafein Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

Posted on

Kafein Bisa Sebabkan Kematian Mendadak
Sebuah kandungan yang biasa kita dikonsumsi setiap hari ternyata memiliki dampak yang sangat berbahaya. Kandungan tersebut adalah Kafein yang merupakan bagian utama dari kopi yang kerap menjadi bagian dari keseharian kita. Tidak tanggung-tanggung, efek kematian mendadak menjadi ancaman yang sangat berarti bagi yang mengkonsumsinya.

Melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah Departemnen Kesehatan di Kanada. Pada penelitian tersebut menyebutkan bahwa mengkonsumsi kafein lebih dari 400 miligram mampu memberikan dampak bagi tubuh. Salah satunya adalah bisa mempercepat denyut jantung. Kondisi ini dapat memperburuk kesehatan tubuh. Beberapa efek yang diakibatkan adalah sakit di bagian dada, susah bernafas, serta pusing.

Kafein Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

Selain beberapa efek buruk tersebut, kafein juga bia menyebabkan kematian mendadak. Adalah Dr jack James yang menemukan temuan baru itu. Dr James menyatakan mengkonsumsi kafein terlalu banyak memiliki dampak sangat berbahaya. Dampak terebut sama dengan dampak yang diakibatkan oleh rokok dan alcohol. Oleh karena itu, Dr Jack James menyebutkan bahwa sebaiknya mengkonsumsi kafein juga dikontrol layaknya mengkonsumsi alcohol dan dan rokok.

Tidak hanya itu, Dr Jack James yang juga seorang editor dari Journal of Caffeine Research dalam lansiran merdeka.com menyebutkan bahwa jenis kafein memang sudah banyak digunakan menjadi minuman penambah energy, obat-obatan serta alcohol. Hal inilah yang membuat Dr Jack prihatain, apalagi dengan beberapa orang yang sama sekali tidak menyadari efek dari meminum kafein melebihi jumlah normal. Yang paling memprihatinkan lagi, ternyata banyak anak-anak yang belum dewasa sudah biasa mengkonsumsi kafein. Kafein yang secara garis besar memang paling banyak terdapat di kopi ini bisa memberikan efek yang lebih besar pada anak di bawah umur.

Oleh karena itu, Dr Jack James memberikan saran agar sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi kafein berlebih. Sehingga dengan mengkontrol pola mengkonsumsi zat yang berkafein maka resiko buruk yang terjadi seperti kematian mendadak, susah nafas bisa dijauhi. Tidak hanya itu, Dr Jack James juga menyarankan agar terdapat aturan mengenai kadar kafein pada makanan atau minuman layaknya obat-obatan ataupun alcohol. Hal ini dikarenakan resiko yang sangat berbahaya apabila terlalu banyak mengkonsumsi kafein ini.