Kebiasaan Ngupil Memicu Terjadinya Mimisan

Posted on

Kebiasaan Ngupil Memicu Terjadinya Mimisan
Mimisan atau yang sering dengan pendarahan hidung, merupakan kondisi dimana hidung mengeluarkan darah. Mimisan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah suhu tubuh yang tinggi. Suhu tubuh yang tinggi biasanya terjadi karena cuaca panas, serta beberapa kegiatan lain yang menyebabkan suhu tubuh naik. Suhu tubuh yang tinggi ini menyebabkan hidung mengalami kekeringan. Sehingga terjadi iritasi bahkan memicu terjadinya pendarahan pada hidung.

Selain suhu tubuh, mimisan juga terjadi akibat infeksi, alergi serta cidera dalam hidung. Untuk cidera hidung, biasanya terjadi akibat adanya tindakan yang berlebihan pada bagian hidung. Salah satu kegiatan tersebut adalah ngupil. Ngupil merupakan kegiatan memasukkan salah satu jari kedalam hidung. Hal inilah yang kerap menimbulkan luka pada lapisan tengah antara lubang hidung hingga terjadi pendarahan hidung atau yang lebih dikenal dengan mimisan.

Mimisan yang diakibatkan mengupil disebabkan karena luka pada lapisan halus septum. Lapisan ini berada di antara kedua lubang hidung. Lapisan halus septum juga merupakan daerah yang rawan mengalami pendarahan. Selain bentuknya yang memang sensitive, juga bagian ini merupakan bagian yang banyak terdapat pembuluh darah. Sehingga saat terjadi borok sedikitpun, darah yang keluar biasanya cukup banyak. Banyaknya pembuluh darah pada hidung tak lepas dari posisi hidung pada struktur kepala. Posisi hidung terletak tepat pada tengah-tengah wajah. Sehingga pembuluh darah banyak terdapat pada bagian ini.

Untuk menghentikan mimisan, biasanya dilakukan beberapa cara yang alami dan sederhana. Seperti hanya dengan memasukkan lipatan daun sirih dalam hidung. Selain itu memberikan tekanan pada hidung juga sering dilakukan oleh beberapa orang guna menghentikan terjadinya pendarahan. Tidak hanya itu, mimisan juga bisa dilakukan dengan mengompres hidung dengan es. Selain cara alami tersebut, mimisan juga bisa dihentikan dengan memberikan pelumasan pada hidung. Pelumasan ini bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, serta menggunakan pelembab. Beberapa cara tersebut merupakan cara alami dan sederhana yang dilakukan untuk menghentikan pendarahan hidung. Namun yang lebih penting adalah mencegah terjadinya mimisan yang disebabkan karena cidera atau luka hidung. Pencegahan itu tak lain adalah dengan cara mengurangi kebiasaan mengupil. Karena saat terjadi luka pada hidung, resiko lain yang terjadi selain mimisan adalah infeksi akibat jari yang dimasukkan tidak streril.