Keindahaan Alam Wadas Tumpang Banjarnegara

Posted on

Keindahaan Alam Wadas Tumpang Banjarnegara

Keindahaan Alam Wadas Tumpang Banjarnegara

okejos.com – Di Banjarnegara sebelah selatan terdapat hutan yang terkenal akan kemisteriusannya. Hutan itu sering disebut hutan kuno oleh penduduk di wilayah tersebut. Dan di hutan tersebut terkenal juga sebuah tempat bernama Wadas Tumpang. Wadas Tumpang sendiri adalah bagian dari hutan yang menyelimuti pegunugan Dieng di propinsi Jawa Tengah. Wadas Tumpang adalah fenomena alam yang membuat tempat ini bagaikan sebuah bonsai yang antik dan eksotik. Di Wadas Tumpang ada beberapa bangunan jaman dulu yang dibangun dari batu – batuan alam.

1. Lokasi Wadas Tumpang
Wadas Tumpang merupakan sebuah objek wisata yang berada di pegunungan Dieng. Lebih tepatnya ada di desa Majalengka dan Watuurip, Kecamatan Bawang. Tentu ada di kabupaten Banjarnegara.
2. Panorama alam dan suasana Wadas Tumpang
Di wadas tumpang anda dapat menikmati bentangan warna hijau dari hutan di sekitarnya. Anda dapat menemukan pohon – pohon beringin yang telah tumbuh ratusan tahun lalu di beberapa bagian Wadas Tumpang. Pohon – pohon tersebut telah menjadi satu – kesatuan dengan bengunan yang ada di sampingnya. Di sekitar tempat tersebut juga ada gua – gua peniggalan manusia purba yang pernah hidup di daerah tersebut. Kesan spiritual akan muncul di tempat tersebut karena terkadang gua itu masih digunakan oleh beberapa orang untuk bertapa, khususnya di malam Jumat Wage. Selain kegiatan magis yang ada di tempat itu, ada juga beberapa satwa seperti monyet yang bergelantungan di pohon – pohon sekitar. Penduduk sekitar percaya bahwa ada satu monyet yang memiliki ekor putih yang dapat memberikan kehidupan berupa mengalirnya air sungai ke desa – desa di bawahnya.
3. Akses dan biaya
Untuk mencapai tempat tersebut dari pusat kota Banjarnegara, anda dapat menggunakan angkutan umum yang memiliki rut eke pegunungan Dieng.

Tertarik mengunjungi Wadas Tumpang? Jika anda berkunjung ke Jawa Tengah khususnya ke Kota Banjarnegara jangan lupa untuk mengunjungi Wadas Tumpang yang ada di kecamatan Bawang.
Dan demikianlah info singkat tentang daerah wisata di Banjarnegara yaitu Wadas Tumpang. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan terima kasih.