HOME
Home » Teknologi » Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Posted at December 22nd, 2020 | Categorised in Teknologi

LED (Light Emitting Diodes) adalah kemajuan teknologi terbaru dan paling menarik dalam industri pencahayaan, yang muncul relatif baru-baru ini dan mendapatkan popularitas di pasar karena keunggulannya, penerangan berkualitas tinggi, umur panjang dan daya tahan. Sumber cahaya berdasarkan teknologi semikonduktor P  dan N memiliki masa pakai hingga 20 kali lebih lama dibandingkan lampu fluorescent atau lampu pijar.  Hal ini memungkinkan kita untuk dengan mudah membuat daftar berbagai keuntungan pencahayaan LED.

 Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Dioda pemancar cahaya adalah elemen penting yang digunakan dalam elektronik selama bertahun-tahun, tetapi baru belakangan ini populer karena LED berdaya tinggi, memberikan cahaya yang cukup kuat untuk digunakan sebagai pengganti lampu fluoresen merkuri, lampu pijar atau yang disebut fluoresen hemat energi.

Saat ini terdapat sumber dan modul LED yang tersedia di pasaran, yang cukup kuat untuk digunakan sebagai penerangan infrastruktur seperti penerangan jalan atau taman, dan bahkan penerangan arsitektur gedung perkantoran, stadion dan jembatan.  Mereka juga terbukti berguna sebagai sumber utama cahaya di pabrik produksi, gudang, dan ruang kantor.

Dalam sistem LED yang menggantikan penerangan umum, lampu yang paling umum digunakan adalah LED SMD dan COB juga disebut Chip LED dengan keluaran mulai dari 0,5W hingga 5W untuk penerangan rumah tangga dan dari 10W – 50W untuk keperluan industri.

 Kelebihan Teknologi LED

Berikut adalah beberapa kelebihan teknologi LED :

 Umur Pemakaian Yang Panjang

ini adalah salah satu kelebihan terbesar dari lampu LED.  LED yang digunakan pada jenis pencahayaan ini memiliki efisiensi kerja yang tinggi sehingga dapat bertahan hingga 11 tahun dibandingkan dengan lampu hemat energi dengan masa pakai kurang dari satu tahun.  Misalnya, LED yang beroperasi 8 jam per hari akan bertahan selama sekitar 20 tahun masa pakai, dan hanya setelah periode ini, kami akan dipaksa untuk kita sumber cahaya dengan yang baru.  Selain itu, seringnya menyalakan dan mematikan tidak berdampak negatif pada masa pakai, Seperti dalam kasus pencahayaan tipe lampu yang lebih lama. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Efisiensi Tinggi

LED saat ini merupakan sumber paling hemat energi dengan konsumsi energi yang jauh lebih sedikit (listrik) daripada lampu pijar, fluoresen, metal halida atau merkuri, dalam efisiensi bercahaya 80-90% untuk penerangan tradisional.  Ini berarti 80% energi yang dipasok ke perangkat diubah menjadi cahaya, sedangkan 20% hilang dan diubah menjadi panas.  Efisiensi lampu pijar berada pada tingkat 5-10% – hanya jumlah energi yang disuplai yang diubah menjadi cahaya. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Ketahanan Terhadap Benturan dan Suhu

Berbeda dengan pencahayaan tradisional, keunggulan pencahayaan LED adalah tidak mengandung filamen atau elemen kaca, yang sangat sensitif terhadap benturan dan suhu.  Biasanya, dalam konstruksi pencahayaan LED berkualitas tinggi, komponen plastik dan aluminium berkualitas tinggi digunakan, yang menyebabkan LED lebih tahan lama dan tahan terhadap suhu dan getaran rendah. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Perpindahan Panas

LED, dibandingkan dengan pencahayaan tradisional, menghasilkan sedikit panas karena performanya yang tinggi.  Produksi energi ini sebagian besar diolah dan diubah menjadi cahaya (90%), yang memungkinkan kontak langsung manusia dengan sumber penerangan LED tanpa terpapar panas bahkan setelah sekian lama pengerjaannya dan selain itu terbatas pada paparan panas,  yang mungkin terjadi di ruangan di mana

Pencahayaan tipe lama, menghasilkan panas hingga beberapa ratus derajat.  Karena alasan ini, iluminasi LED lebih disukai untuk barang atau peralatan yang sangat sensitif terhadap suhu. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Ramah Lingkungan

Keuntungan dari pencahayaan LED juga fakta bahwa LED tidak mengandung bahan beracun seperti merkuri dan logam lain yang berbahaya bagi lingkungan, berbeda dengan lampu hemat energi dan 100% dapat didaur ulang, yang membantu mengurangi karbon dioksida  emisi.  Mereka mengandung senyawa kimia yang bertanggung jawab atas warna cahayanya (fosfor), yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Warna Cahaya

Dalam teknologi LED, kami dapat memperoleh setiap warna cahaya iluminasi.  Warna dasarnya putih, merah, hijau dan biru, tapi dengan teknologi saat ini, kemajuannya begitu maju sehingga kita bisa mendapatkan warna apapun.  Setiap sistem LED RGB memiliki tiga bagian, yang masing-masing memberikan warna berbeda dari warna palet RGB – merah, hijau, biru. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

Distribusi Cahaya Lebih Merata

Lampu LED modern memancarkan cahayanya hampir sama ke segala arah (omnidirectional) seperti lilin dan bola lampu pijar.  Pencahayaan solid state yang seragam. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

Menghasilkan Lebih Sedikit EMI dan RFI

Unit bohlam LED 120 volt menampilkan rangkaian rangkaian lampu LED kecil di dalamnya.  Dengan menghubungkannya secara seri, tegangan yang dibutuhkan untuk menyalakannya sepenuhnya naik.  Jadi, jumlah LED yang tepat menghasilkan bohlam yang bekerja pada standar 120 volt.  Tidak memerlukan pengkondisian listrik kecuali mungkin, konversi dari AC ke DC.  Bagian-bagian untuk melakukan ini mudah diatur.  Akibatnya, bohlam LED standar tidak memerlukan driver atau ballast catu daya mode sakelar.  Dengan demikian, Anda mendapatkan lebih sedikit gangguan frekuensi radio. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

Menawarkan Kecerahan Penuh Secara Instan

Apakah cuaca panas atau dingin, lampu LED menyala dengan kecerahan penuh secara instan setelah diberi energi.  Tidak diperlukan waktu pemanasan, dan mereka memberikan pencahayaan yang stabil dan bebas fluktuasi.  Biasanya tidak ada kedipan.  Jika Anda mengamati flicker, Anda mungkin menjalankan peredup pada lampu LED yang tidak dapat diredupkan.  Selain itu, kedipan adalah tanda bahwa bohlam itu sendiri mungkin terbakar.  Hal ini membuat LED bagus untuk aplikasi luar ruangan seperti lampu depan mobil, penerangan jalan, dan penerangan teras perumahan. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Kekurangan Teknologi LED

Berikut adalah beberapa kekurangan teknologi LED :

 Harga Lebih Mahal

Investasi pencahayaan LED lebih mahal daripada sumber cahaya tradisional.  Namun, penting untuk diingat bahwa di sini umurnya jauh lebih lama (lebih dari 10 tahun) dibandingkan dengan bola lampu biasa dan pada saat yang sama mengkonsumsi energi beberapa kali lebih sedikit daripada jenis pencahayaan lama.  Selama pengoperasian satu sumber cahaya LED dengan kualitas yang baik, kami terpaksa membeli min.  5-10 bohlam jenis lama, yang tentunya belum tentu menghasilkan tabungan dompet kita. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

 Sensitivitas Suhu

Kualitas pencahayaan dioda sangat bergantung pada suhu pengoperasian sekitar.  Pada suhu tinggi ada perubahan parameter arus yang melewati elemen semikonduktor, yang dapat menyebabkan modul LED terbakar.  Masalah ini hanya mempengaruhi tempat dan permukaan yang terpapar suhu yang sangat cepat atau suhu yang sangat tinggi (pabrik baja).

Performa LED sangat bergantung pada suhu sekitar properti manajemen termal atau lingkungan pengoperasian juga. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

LED harus disuplai dengan tegangan yang berada di atas tegangan ambang batasnya, dan arus di bawah peringkatnya. Sumber cahaya area: LED tunggal tidak mendekati sumber cahaya yang memberikan distribusi cahaya berbentuk bola. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan teknologi LED.

Tags :

Related Post to Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Posted at December 23, 2020

Teknologi LED adalah salah satu teknologi yang merubah duniia.  Ini adalah cara kecil untuk membantu lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi.  Banyak sekali manfaat teknologi LED bagi... Read More

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Posted at December 21, 2020

Light-emitting diode (LED) adalah teknologi yang sangat serbaguna.  Kemampuannya untuk menghasilkan cahaya dengan harga murah, efisien, dan untuk waktu yang lama membuatnya ideal untuk... Read More

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Posted at December 20, 2020

Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak aplikasi LED seperti lampu jalan.  Senter LED dll LED adalah drive dari dioda persimpangan PN. Dioda ini dioperasikan... Read More

Apa Itu Teknologi LED

Apa Itu Teknologi LED

Posted at December 19, 2020

LED adalah salah satu penemuan terbaru dan banyak digunakan saat ini.  Popularitas dan aplikasinya meningkat pesat karena ukurannya yang sangat kecil dan konsumsi daya... Read More

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru

Posted at April 5, 2020

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana sih cara cek keberangkatan haji sesuai nomor porsi?... Read More