Kenali Gejala Dan Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Posted on

Kenali Gejala Dan Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

 

Serangan jantung sering datang tiba-tiba tanpa gejala. Serangan jantung adalah kondisi darurat medis karena menimbulkan kerusakan pada otot jantung dan bisa menyebabkan kematian. Serangan jantung disebabkan oleh bekuan darah yang menyumbat aliran darah di arteri koroner. Serangan jantung adalah penyakit yang sangat menakutkan. Banyak orang manganggap penderita serangan jantung akan sulit diselamatkan.

Pada pria dan wanita, gejala serangan jantung biasanya berbeda. Pada pria biasanya merasakan gejala klasik seperti nyeri di bagian dada, sesak napas serta nyeri di leher dan tangan. Sedangkan pada wanita gejalanya berupa rasa lelah yang berat, rasa tidak nyaman yang sering di asumsikan sebagai gangguan pencernaan, serta keringat dingin. Ada yang terkena serangan jantung dengan pingsan mendadak.

Gejala serangan jantung memang tidak sama tapi penanganannya haruslah sama yaitu dengan menelepon bantuan medis atau pergi ke rumah sakit dan mengunyah aspirin. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena serangan jantung.

Jika terkena serangan jantung maka duduklah atau berbaring. Hentikan semua aktifitas dan jangan melakukan banyak gerakan karena banyak bergerak akan memperburuk kerusakan tubuh. Segera hubungi rumah sakit terdekat. Apabila dokter sudah memberikan tablet nitroglyserin maka segera minum obat tersebut. Obat yang bisa di konsumsi sesuai anjuran dokter. Namun jangan mengkonsumsi tablet nitroglyserin jika tidak diberikan oleh dokter.

Selama tidak mengalami alergi, mengunyah aspirin bisa menjani pertolongan pertama pada serangan jantung. Aspirin akan menghambat penggumpalan darah dan membantu darah tetap mengalir ke arteri. Cara mengkonsumsi aspirin adalah dengan mengunyah selama 30 detik sebelum menelannya, hal tersebut akan mengurangi aktivitas bekuan darah hingga 50 persen dalam lima menit. Sedangkan jika aspirin langsung ditelan tanpa dikunyah maka diperlukan waktu 12 menit untuk mendapatkan efek yang cukup sama. Sementara Dosis aspirin yang dianjurkan adalah sekitar 325 miligram.

Penting untuk mengenali gejala serangan jantung dan membawa obat-obatan yang diberikan dokter. Pertolongan yang cepat pada serangan jantung bisa mencegah kerusakan serius pada jantung sehingga kemungkinan pasien untuk bertahan hidup lebih besar.