Makanan Bisa Menjadi Biang Obesitas

Posted on

Makanan Bisa Menjadi Biang Obesitas

Banyaknya produk instan yang sring kita jumpai memakai fruktosa sebagai pengganti rasa manis gula meja atau sukrosa. Sebab fruktosa memiliki tingkatan yang lebih manis jika dibandingkan dengan gula. Seporsi Fruktosa memiliki kandungan 55 persen, sedangkan sukrosa hanya memilki kandungann 45 persen saja.  Namun kabar buruknya bahwa frukosa banyak yangmenganggap sebagai biang kerok terjadinya obesitas karena ketidakamampuannya untuk menekan perut yang kosong atau lapar.

Bahkan hal itu juga di ungkapkan dalam sebuah stufy yang bertemakan Journal Amercan of zmedical ( JAMA ) yang dikeluarkan pada tanggal 2 januari kemarin. Tak hanya itu seorang peneliti terkemuka juga menerangkan bahwa meskipun frutosa dan sukrosa mengeluarkan jumlah kalori yang sama, akan teta[i memiliki efek yang berbeda dalam mempengaruhi proses aktivitas otak. Sebab seseorang yang mengonsumsi fruktosa cenderung lebih banyak memilki pola makan lebih banyak jika dibandingkan dengan menggunakankan sukrosa.

Hal inipun juga diperkuat dengan adanya pengamatan yang dilkukan oleh 20 orang relawan. Adapun yang ditemukan dalam scan kerja otak mebuahkan hasil yang berbeda ketika mengkonsumsi fruktosa dan sukrosa. Sebagian relawan diberikan glukosa selama beberapa minggu ke depan. Seorang relawan yang mengikuti kegiatan ini mengungkapkan bahwa, kinerja otaknya seakan timbul keinginan untuk mengkonsumsi makanan.

Sebagian relawan yang menggunakan fruktosa, tak begitu tampak adanya perubahan yang terjadi. Salah seorang Dr. Yang bernama Robert Sherwin, selaku kepala Endokrinologi pada sebuah University school of Medicine di New Heaven. Pernah melakukan sebuah penelitian yang mana melihat adnya perubahan kerja yang terjadi di Hipotalamus, insula dan striatum. Yang mana dapat mengatur pola makan, motivasi serta apresiasi dan bahkan dapat meningkatkan fungsi jalur yang ada di otak yang terkait dengan rasa kenyang.

Fruktosa ini biasanya digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman berproduksi. Sejak tahun 1970an keberadaan sebuah industri yang menggunakan bahan ini sudah banyak yang menggemarinya. Makanan dan minuman yang terdapat fruktosa dapat memberikan jumlah kalori yang sama dengan sukrosa.

Pesan kami lebih jelilah memilih pemanis makanan atau minuman yang anda beli dan jangan lupa bacalah kandungan serta komposisi yang ada pada kemasan bungkusnya.