Makanan Manis bisa Menyebabkan gigi kuning bagi anak

Posted on

Makanan Manis bisa Menyebabkan gigi kuning bagi anak
Kebersihan dan kesehatan anak sangat bergantung pada perawatan orang tuanya. Walaupun kadang tidak semua orang tua menyadari tentang apa yang dialami anaknya, khususnya masalah kebersihan dan kesehatan gigi. Biasanya orang tua kurang peduli mengenai kebersihan gigi pada anak, sehingga biasanya anak sering memiliki gigi kuning atau bahkan hitam. Padahal kadang kondisi gigi yang kuning ataupun berwarna hitam bisa menyebabkan anak menjadi minder kala bergaul dengan sesama anak-anak.

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa gigi kuning pada anak disebabkan oleh faktor tertentu. Salah satunya adalah kadar zat besi dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi anak. Minuman yang berasal pompa atau sumur pompa mengandung banyak zat besi. Sehingga mampu memberi pengaruh pada kondisi gigi anak. Selain minuman, makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti vitamin juga beresiko memberikan flek pada warna gigi.

Selain konsumsi makanan dan minuman, antibiotik yang dikonsumsi anak anak juga beri resiko warna pada gigi. Biasanya antibiotik yang dikonsumsi anak meninggalkan endapan pada gigi. Endapan inilah yang akan memberi warna lain pada gigi anak. Kendati begitu, biasanya pengaruh yang disebabkan antibiotik ini tidak terlalu besar.

Untuk menjaga kesehatan dan penampilan sejak kecil, maka orang tua juga harus bisa memberikan perhatian pada perkembangan anak. Yang paling mudah adalah dengan mencegah anak untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasa manis. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan dan yang mengandung banyak kadar gula menjadi lebih besar resiko anak mendapatkan gigi kuning.

Selain perhatikan pola makanan, orang tua juga harus memperhatikan perawatan gigi anak. Hal ini dilakukan tak lain untuk menjaga anak agar tidak medapatkan gigi kuning. Oleh karena itu, anak harus dibiasakan untuk berkumur-kumur sejak dini. Kumur-kumur secara rutin setiap habis makan dapat menghilangkan kotoran serta sisa makanan yang masih menempel pada gigi anak. Apalagi untuk struktur gigi anak yang belum rapat, sangat memudahkan sisa makanan tersangkut pada gigi. Selain rutin berkumur, tidak ada salahnya jika orang tua melakukan kontrol ke dokter gigi. Karena gigi kuning sangat beresiko tinggi anak mudah sakit gigi.