Manfaat Cuka Apel bagi kesehatan

Posted on

Manfaat Cuka Apel bagi kesehatan

Nama cuka apel memang masih belum terlalu dikenal dibeberapa kalangan. Biasanya kita lebih mengenal cuka makan. Padahal cuka apel sat ini makin mudah didapat di pasaran bahkan diapotik sekalipu. Cuka apel hamper sama dengan cuka buah lainnya yang memiliki beberapa manfaat untuk ksehatan ataupun kecantikan. Namun untuk cuka apel sendiri memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.

Seperti halnya cuka biasa, cuka apel juga melewati proses fermentasi. Dari hasil fermentasi itu menghasilkan cairan cuka yang memiliki enzim dan gizi yang sangat baik bagi kesehatan. Adapun beberapa kegunaan dari cuka apel seperti yang dilansir magforwoman, meliputi:
1. Mampu mengontrol diabetes
Cuka apel ternyata memiliki khasiat mampu mengontrol diabetes. Diabetes yang dikontrol biasanya diabetes tipe 2. Berasal dari serat yang dihasilkan oleh cuka asem ternyata mampu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh. Cukup dengan 2 sendok teh di malam hari maka khasiatnya akan terasa saat bangun tidur.

2. Mengurangi Kolesterol
Kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat berakibat penyakit. Ternyata cuka apel juga memiliki khasiat untuk mengurangi kolesterol jahat, atau kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Khasiat dari cuka apel untuk menguran gi kolesterol ini berasal dari asam amino dan pectin yang terdapat dari cuka apel.

3. Mampu meredakan Arthritis
Selain terdapat asam amino dan pectin, ternyata cuka apel juga mengandung kalsium. Seperti yang diketahui, kalsium sangat baik bagi tulang dan sendi. Cuka apel menjadi solusi untuk mengurangi sakit ada sendi serta Arthritis.

4. Mencegah obesitas dan masalah berat badan
Berat badan serta obesitas nampaknya menjadi hal yang ditakuti bagi orang yang sangat menjaga penampilannya. Tidak hanya itu, bagi yang berat badannya sudah terlanjur melebihi batas, maka cuka apel dapat membantu mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan cuka apel dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh.

5. Mengurangi resiko Kanker

Dalam cuka apel terdapat beta-karoten. Beta-karoten sangat berguna bagi tubuh. Kehadiran beta-karoten bagi tubuh sangat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker. Karena bera-karoten memiliki sifat anti oksidan dan mampu menghancurkan sel-sel berbahaya penyebab kanker