HOME
Home » Teknologi » Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Posted at December 23rd, 2020 | Categorised in Teknologi

Teknologi LED adalah salah satu teknologi yang merubah duniia.  Ini adalah cara kecil untuk membantu lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi.  Banyak sekali manfaat teknologi LED bagi manusia.

Dulu LED mahal, tetapi sekarang jauh lebih terjangkau.  LED juga hadir dengan banyak keuntungan yang mungkin tidak kita sadari.

Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

10 Manfaat Teknologi LED

Di bawah ini adalah10 manfaat teknologi LED yang merupakan solusi baik di rumah maupun dalam bisnis.

 1. Pengurangan Penggunaan Energi

Dibandingkan dengan bola lampu pijar, LED sekitar 90% lebih efisien dalam produksi cahaya.  Efisiensi energi berarti lebih banyak energi yang digunakan bola lampu untuk menghasilkan cahaya daripada panas.

Bola lampu pijar adalah kebalikannya.  Mayoritas energi mereka diubah menjadi panas, bukan cahaya.  Panas itu adalah energi yang terbuang karena tidak ada gunanya, selain untuk membakar jari Anda jika Anda menyentuh bola lampu.

Karena bohlam LED jauh lebih hemat energi, kita akan menghemat tagihan listrik saat menyalakannya.  Ini mungkin tidak terlihat banyak, tetapi seiring waktu ini benar-benar dapat mengurangi tagihan listrik. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 2. Umur LED Lebih Lama

Kadang kita merasa seperti terus-menerus mengganti bohlam yang mati.  Lampu pijar tidak tahan lama.  Umur biasanya sekitar 1.000 jam.

Masa pakai lampu LED 50 kali lebih lama dibandingkan dengan lampu pijar.  Biasanya berlangsung sekitar 25.000 jam.  Beberapa dinilai bertahan lebih lama, seperti 50.000 jam.

Bohlam CFL bertahan lebih lama dari lampu pijar sekitar 10.000 jam penggunaan.  Tapi itu masih jauh lebih pendek daripada masa pakai LED. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 3. Aman Disentuh

Pernahkan Anda menyentuh bola lampu pijar setelah dinyalakan beberapa saat?  Anda kemungkinan besar akan mengalami luka bakar atau setidaknya merasa sakit karena panasnya bola lampu.

Sekitar 90% energi bola lampu pijar berubah menjadi panas.  Sedangkan lampu CFL, sekitar 80% energi berubah menjadi panas.  Itu berarti energi kedua jenis bola lampu tersebut menjadi panas yang tidak perlu.

LED menghilangkan rasa sakit dan masalah keamanan yang karena bola lampu yang panas.  Efisiensi energi berarti dapat menghasilkan cahaya tanpa membuang energi sebagai panas.

LED pada dasarnya tidak menghasilkan panas saat dinyalakan, bahkan jika Anda membiarkan lampu menyala selama berjam-jam.  Artinya, Anda dapat menyentuhnya jika perlu tanpa mengalami luka bakar parah.

LED juga membuat rumah menjadi sedikit lebih aman dengan mengurangi risiko kebakaran. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 4. Konstruksi Tahan Lama

Pikirkan betapa mudahnya bohlam tradisional rusak.  Jika Anda menjatuhkan bohlam pijar, kemungkinan besar bohlam itu akan pecah.

Bola lampu LED dibuat menggunakan bahan yang jauh lebih kuat.  Alih-alih menggunakan filamen halus atau gas neon untuk menghasilkan cahaya, LED menggunakan bahan padat.  Artinya, tidak perlu bohlam kaca untuk melindunginya seperti bohlam filamen tradisional.

Metode konstruksi dan bahan membuatnya lebih tahan lama dibandingkan jenis bohlam lainnya dan lebih cocok untuk lingkungan yang lebih keras.

LED juga dapat menangani guncangan dan getaran, sehingga cocok untuk berbagai tempat di mana mereka mungkin sering berpindah-pindah. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

  1. Cepat Menyala

Beberapa bohlam memerlukan waktu beberapa saat untuk mencapai kecerahan penuhnya setelah kita menyalakan sakelar.  Bola lampu fluoresen terkenal sering membutuhkan waktu beberapa menit untuk mendapatkan kecerahan maksimum.

Tidak demikian halnya dengan bohlam LED.  Mereka menyala seketika dan segera pada kecerahan penuhnya.

Kita juga tidak perlu khawatir tentang sering menyalakan dan mematikan LED.  Ini tidak akan mengurangi masa pakainya seperti yang terjadi pada bohlam halogen dan opsi hemat energi lainnya. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 6. Pencahayaan Terarah

Dengan lampu pijar, iluminasi bersinar ke segala arah.  Itu bisa menghasilkan banyak cahaya yang terbuang percuma.

Kita tidak perlu menerangi ruang di atas perlengkapan lampu langit-langit.  Kita membutuhkan cahaya yang difokuskan pada permukaan kerja atau ruang tempat tinggal dan bekerja.

Dengan bohlam tradisional, kita memerlukan reflektor dan diffuser untuk mendapatkan cahaya di tempat yang inginkan.  Sementara bagian ekstra tersebut bekerja dalam mengarahkan iluminasi, banyak cahaya yang terjebak di dalam fixture, sehingga jauh kurang efisien.

Lampu LED menawarkan pencahayaan terarah untuk mengarahkan iluminasi ke tempat yang  diinginkan tanpa perlu reflektor.  Ini mengurangi cahaya yang terbuang.  Ini menawarkan cahaya yang lebih terkonsentrasi di mana kita membutuhkannya daripada area pencahayaan yang tidak terlalu penting.

Dengan menawarkan pencahayaan terarah yang terkonsentrasi, LED mengurangi kebutuhan akan banyak lampu.  Ini dapat lebih mengurangi penggunaan energi. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 7. Pilihan Warna Cahaya

Lampu LED memiliki warna cahaya yang berbeda, yang memengaruhi penampilannya.  Warna terang dari LED berkisar dari putih lembut hingga putih terang.

Memiliki rentang warna tersebut memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan ruangan.  Tidak ada suhu warna LED yang benar atau salah yang dapat dipilih, tetapi kita akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang berbeda.

Ini ideal untuk ruangan saat kita perlu melihat detail halus dengan baik.  Di rumah, mungkin itu adalah area rias tempat untuk merias wajah atau area membaca.  Dalam pengaturan komersial, itu bisa berupa area perakitan atau ruang kerja lainnya. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 8. Kemampuan Untuk Meredup

Bohlam LED berfungsi dengan perlengkapan yang dapat diredupkan, yang memberi kontrol yang lebih baik atas tingkat pencahayaan.  Beberapa LED dapat meredup hingga 5%.

Mampu meredupkan lampu membantu Anda menciptakan suasana hati yang berbeda.  Jika kita menginginkan cahaya fungsional yang cerah, kita dapat meningkatkannya hingga kecerahan penuh.

Menggunakan lampu dengan daya rendah juga menggunakan lebih sedikit energi untuk menjalankannya.  Ini dapat lebih menghemat tagihan listrik Anda saat Anda tidak membutuhkan kecerahan penuh. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

 9. Tanpa Emisi

Di area di mana bahan pelindung penting, LED bisa bermanfaat.  Itu karena mereka hampir tidak menghasilkan emisi UV dan sangat sedikit cahaya inframerah.  Lampu yang menghasilkan emisi UV dan panas dapat merusak barang simpanan Anda.

Lampu neon menghasilkan emisi UV.  Meskipun semua bola lampu dianggap dalam kisaran aman untuk emisi UV, sinar UV tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada barang-barang di rumah Anda.  CFL sering kali memiliki lapisan di dalam kaca yang menyaring sebagian sinar UV.

Bola lampu pijar juga bisa memancarkan sinar UV.  Filamen yang lebih panas dalam bola lampu pijar biasanya menghasilkan lebih banyak sinar UV.

 10. Ramah Lingkungan

Bukan hanya efisiensi energi yang membuat bohlam LED ramah lingkungan.

LED menghilangkan komponen beracun, seperti merkuri, yang ditemukan di lamou lain.  Itu melindungi lingkungan selama dan setelah produksi.

Jika kita menggunakan  LED , kita tidak perlu membuangnya ke tempat sampah.  LED benar-benar dapat didaur ulang, jadi dapat mengurangi sampah yang dihasilkan.

Kita dapat membantu mengurangi jejak karbon secara keseluruhan dengan beralih ke LED. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi LED yang terbaik.

Demikianlah informasi tentang manfaat teknologi LED, semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan tentang teknologi LED.

Tags :

Related Post to Manfaat Teknologi LED Bagi Manusia

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi LED

Posted at December 22, 2020

LED (Light Emitting Diodes) adalah kemajuan teknologi terbaru dan paling menarik dalam industri pencahayaan, yang muncul relatif baru-baru ini dan mendapatkan popularitas di pasar... Read More

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Contoh Aplikasi Teknologi LED

Posted at December 21, 2020

Light-emitting diode (LED) adalah teknologi yang sangat serbaguna.  Kemampuannya untuk menghasilkan cahaya dengan harga murah, efisien, dan untuk waktu yang lama membuatnya ideal untuk... Read More

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Bagaimana Cara Kerja Teknologi LED

Posted at December 20, 2020

Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan banyak aplikasi LED seperti lampu jalan.  Senter LED dll LED adalah drive dari dioda persimpangan PN. Dioda ini dioperasikan... Read More

Apa Itu Teknologi LED

Apa Itu Teknologi LED

Posted at December 19, 2020

LED adalah salah satu penemuan terbaru dan banyak digunakan saat ini.  Popularitas dan aplikasinya meningkat pesat karena ukurannya yang sangat kecil dan konsumsi daya... Read More

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru

Posted at April 5, 2020

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi Terbaru Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana sih cara cek keberangkatan haji sesuai nomor porsi?... Read More