Mempersiapkan Kondisi Mental Ayah Sebelum Ibu Melahirkan

Posted on

Mempersiapkan Kondisi Mental Ayah Sebelum Ibu Melahirkan

 Banyak sekali studi yang mengatakan bahwa kesehatan mental pada ibu yang sedang hamil akan berpengaruh besar pada kondisi si calon bayi mulai dari masa kehamilan hingga pasca persalinan. Namun baru-baru ini ada sebuah studi baru yang mengatakan bahwa stres yang mungkin dialami oleh calon ayah juga akan mempengaruhi perkembangan dan juga perilaku serta emosi pada bayi, terutama saat bayi anda beranjak menjadi anak-anak. Hasil studi yang baru ini menunjukkan bahwa kesehatan mental pada si ayah juga akan mewakili faktor risiko perkembangan yang terjadi pada anak. Walaupun selama ini banyak orang yang mengira bahwa hal ini hanya dipengaruhi oleh sang ibu.

Selain itu, peneliti juga mengamati soal kondisi lebih dari 31.000 anak yang lahir di Norwegia, sang ayah ditanyai mengenai kondisi kesehatan mentalnya ketika kandungan istrinya mencapai 4-5 bulan. Apakaha sang ayah merasa senang, sedih atau bahkan takut. Begitu juga dengan sang ibu yang ditanyai soal kondisi kesehatan dan juga mentalnya serta perkembangan sosial, perilaku dan emosional yang ada pada si anak ketika usia mencapai 3 tahun.

Hasilnya yang di dapatkan adalah tiga persen dari partisipan ayah yang dilaporkan memiliki gangguan stres psikologis dengan kadar yang tinggi. Selain itu, andak dari ayah yang memiliki gangguan stress tinggi juga dilaporkan mengalami gangguan emosional paling sering saat menginjak usia 3 tahun. Dari studi inilah pada akhirnya disimpulkan bahwa ternyata memang ada hubungannya antara kesehatan mental dari sang ayah dengan tumbuh kembang si anak. Oleh karena itu saran bagi sang ayah agar menyiapkan mental jauh-jauh hari sebelum akhirnya sang ibu melahirkan karena hal ini selain membangun kesiapan dari sang ayah juga akan membuat sang ibu jadi lebih kuat karena dukungan dan juga kesiapan dari sang ayah.