Menelusuri Eksotika Kawah Sikidang di Dieng Kulon

Posted on

Menelusuri Eksotika Kawah Sikidang di Dieng Kulon

Menelusuri Eksotika Kawah Sikidang di Dieng Kulon

okejos.com – Jika anda berkunjung ke Daratan Tinggi Dieng jangan lupa untuk mengunjungi juga Kawah Sikidang. Kenapa? Karena kawah ini akan memberikan anda pemandangan yang tidak kalah dengan Pegunungan Dieng. Menurut warga sekitar daerah ini memiliki latarbelakang cerita raja yang mempunyai kepala kidang yang bernama Raja Kidang Garungan. Kisahnya raja tersebut ditolak cintanya oleh seorang Putri yang cantik bernama Putri Sinta Dewi. Namun dibalik mitos tersebut, pemandangan luar biasa akan disajikan oleh Kawah Sikidang jika anda berkunjung ke sana. Sebagai tempat wisata, Kawah Sikidang dapat menarik pengunjung yang sangat banyak. Baik itu dari dalam negeri dan luar negeri. Untuk info lebih lanjut anda dapat menyimak tulisan berikut.

1. Lokasi Kawah Sikidang
Kawah Sikidang berlokasi di salah satu desa di Kabupaten Banjarnegara. Tepatnya desa Dieng Kulo, yang ada di kecamatan Batur.
2. Harga Tiket dan akses jalan
Jika anda tertarik mengunjungi darah Kawah Sikidang anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Untuk harga wisatawan mancanegara dapat mencapai 30.000 jika memilih tiket terusan dari Candi Arjuna ke Kawah Sikidang. Untuk jam buka dimulai dari pukul 7 pagi hingga 4 sore. Dan untuk mengakses tempat tersebut anda dapat memulainya dari kota Banjarnegara. Naiklah angkutan seperti bis menuju kecamatan Batur. Dari sana anda dapat menaiki minibus yang dapat mengakses hingga desa Dieng Kulon.
3. Panorama alam Kawah Sikidang
Kawah Sikidang merupakan sebuah kawah di pegunungan Dieng yang memiliki lava yang sangat panas. Lava tersebut selalu mendidih dan melompat – lompat seperti kidang atau kijang. Kawah tersebut memiliki kedalaman hingga 2 meter dengan warna air yang keabu –abuan karena bercampur lava dan belerang. Di sekitar kawah anda akan mencium aroma belerang yang menyengat.

Berhati- hatilah jika anda berkunjung ke kawah Sikidang, sebab banyak kecelakan terjadi di kawah tersebut. Untuk menjejakkan kaki saja anda harus mencari tanah yang benar – benar solid. Jika tidak, anda akan terjebak dalam longsor yang terjadi karena anda salah menginjakkan kaki anda. dan jangan lupa untuk memakai masker jika anda di Kawah Sikidang.
Demikian beberapa info penting yang dapat saya bagikan tentang Kawah Sikidang di Dieng Kulon. Semoga bermanfaat dan terima kasih.