HOME
Home » OtoMotif » Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik Yang Siap Mengaspal

Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik Yang Siap Mengaspal

Posted at January 13th, 2021 | Categorised in OtoMotif

Apakah kamu penasaran dengan cara kerja mobil listrik? Mobil listrik merupakan mobil yang mengandalkan tenaga baterai dan tidak memakai bahan bakar minyak sama sekali. Kemudian untuk pengisian baterainya menggunakan daya listrik eksternal dan bisa juga dari energi kinetik yang terkumpul pada saat pengereman.

Tahun lalu, Presiden Joko Widodo telah menandatangani perpres yang berisi mengenai pengembangan industri di bidang mobil listrik di Indonesia. Sekarang, perkembangan mobil bertenaga baterai tersebut tengah menjadi-jadi. Hingga membuat sebagian besar orang ingin mengetahui sistem kerja dari mobil tersebut.

Cara Kerja Mobil Listrik Yang Siap Mengaspal

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, mobil listrik seperti yang dikeluarkan oleh Tesla memakai sumber tenaga baterai tipe Lithium-ion. Minimal ia mengaplikasikan hingga 7.000 cell baterai dalam satu unit mobil listrik.

Tenaga yang dihasilkan baterai kemudian dibawa ke bagian motor. Lalu, komponen itulah yang mengubah energi listrik jadi energi mekanik/putaran. Jenis motor induksi 3 phase roating magnetic field atau RMF tersebut dapat menciptakan putaran berkecepatan tinggi yang dibawa ke girboks. Sehingga, putaran motor tersebut bisa mencapai 18.000 rpm.

Untuk bisa mengetahui berapa besar kecepatan putaran, bisa dicek di bagian motor speed sensor. Selain itu, ada pula Drive inverter yang berfungsi untuk mengontrol akselerasi, mengatur perpindahan gir dan mengetahui injakan gas pengemudi. Canggih sekali, kan?

Perlu diketahui bahwa Drive inverter itu adalah bagian otak dari mobil listrik. Berperan penting dalam mengubah arus DC ke AC pada baterai agar motor bisa berputar. Sehingga bisa dikontrol dengan mudah sesuai keinginan sang pengemudi.

Bahkan, Drive interver mampu mengontrol semuanya dengan membaca sensor-sensor di mobil, termasuk ketika mobil sedang direm. Kemudian, putaran motor akan diteruskan ke bagian girboks yang nantinya akan dibawa ke Drive shaft ke masing-masing roda. Sebab di sana ada oli yang akan melumasi bagian gear untuk menghindari aus.

Sehingga, roda kiri dan kanan bisa berputar dengan baik karena putaran motor di girboks telah dialirkan ke komponen differential. Kalau putaran motor dibalikkan maka, mobil listrik dapat berjalan mundur. Pengemudi juga bisa menekan tombol R (reverse) atau menggerakkan tuas, agar mobil bisa mundur dengan mudah.

Baterai Lithium, Baterai Terbaik Untuk Kendaraan Listrik

Konsep mobil listrik yang menggunakan tenaga dari baterai, tentunya komponen tersebut sangat penting. Lithium adalah jenis baterai yang sangat cocok untuk kendaraan ini. Sebab mempunyai kapasitas energy density yang jauh lebih besar dibanding tipe lain. Selain itu, beratnya juga ringan dengan usia pemakaian juga lebih panjang.

Rupanya, ada beberapa macam Lithium yang umumnya dipakai dalam mobil listrik. Berikut ketiganya:

  1. NCA

Merupakan baterai yang terdiri dari Nickel, Cobalt dan Aluminium dengan komponen Nickel yang lebih mendominasi dibanding yang lainnya. Tipe baterai yang sangat familiar ini mempunyai kapasitas yang mumpuni dengan besar 3.7 volt per sel. Jenis baterai ini juga dipakai oleh Tesla karena alasan tersebut.

Misalkan saja mobil listrik yang dibuat memerlukan 100 sel baterai NCA. Maka, jika ingin membuat kendaraan listrik pakai LFP, diperlukan 200 unit baterai.

  1. LFP

Jenis baterai LFP terdiri dari Lithium, Iron dan Phospate. Baterai ini mempunyai kapasitas 3,2 volt dengan posisi energi density di bawah NMC maupun NCA. Meski begitu, tipe baterai satu ini diklaim jauh lebih aman karena memiliki kondisi suhu yang lebih dingin, sekalipun tengah digunakan.

  1. NMC

Pada baterai ini komposisinya ada Nickel, Manganese dan Cobalt. Baterai ini punya energi density di atas LFP dan di bawah NCA. Jadi di tengah-tengah. Tapi untuk bagian penyimpanan energinya, baterai ini sangat bagus. Tak heran jika Tesla pun memilih jenis ini untuk bagian stasiun pengecasan atau Tesla powerwall.

Keistimewaan Mobil Listrik

Melihat cara kerja dan komponen yang ada di dalamnya, membuat kendaraan listrik ini mulai banyak diminati oleh konsumen. Lantas, apa saja kelebihan dari mobil bertenaga non BBM ini ya? Simak berikut!

  1. Lebih hemat energi

Tidak seperti kendaraan dengan bahan bakar minyak, mobil listrik yang menggunakan baterai dapat diisi ulang ketika energinya telah habis. Malahan, mobil listrik jauh lebih hemat dengan hanya menghabiskan biaya 75 ribu rupiah saja untuk melaju sejauh 120 km. Jauh lebih murah dibandingkan mobil BBM kan?

  1. Ramah lingkungan

Tahukah kamu, kalau mobil listrik itu tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida. Artinya, kendaraan ini sangat ramah lingkungan.

  1. Tidak bising

Ketika dinyalakan, kendaraan bertenaga baterai ini tidak bising. Lebih halus dan senyap.

  1. Perawatan mudah

Kamu perlu tahu kalau perawatan mobil seperti ganti oli nyaris tidak ada. Kamu pun bisa menghemat biaya tersebut untuk lainnya. Sebab perawatan kendaraan ini dominan hanya pada bagian baterainya.

  1. Sistem canggih

Keistimewaan satu ini pasti banyak disukai oleh pengguna. Pasalnya, mobil listrik dibekali sistem keamanan yang disebut ITS. Sistem ini akan membuat kendaraan segera berhenti sebelum menabrak sesuatu.

Demikianlah beberapa keunggulan yang dimiliki dari kendaraan bertenaga listrik. Selain cara kerja mobil listrik yang hebat, kemampuannya pun sangat mumpuni. Tak heran jika kendaraan roda empat ini begitu dinantikan oleh sebagian besar.

Tags :

Related Post to Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik Yang Siap Mengaspal

Mengintip 7 Kelebihan Mobil Listrik Yang Siap Meluncur Ke Pasaran

Posted at January 14, 2021

Sederetan kelebihan mobil listrik semakin menarik perhatian banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Di tambah bulan Agustus tahun lalu perpres mengenai pengembangan industri mobil... Read More

Spesifikasi Lengkap Nissan X-Trail Terbaru

Posted at September 25, 2014

Spesifikasi Lengkap Nissan X-Trail Terbaru Okejos.com – Seiring persaingan dunia otomotif yang kian panas membuat para vendor otomotif berlomba-lomba menghadirkan varian mobil terbaru mereka.... Read More

Mobil Hasil Rakitan Indonesia Lebih Banyak Diminati

Posted at September 25, 2014

Mobil Hasil Rakitan Indonesia Lebih Banyak Diminati Okejos.com – Dari segi produksi serta penjualan mobilnya di tiap tahunnya Indonesia boleh kalah dari Thailand. Namun... Read More

Dua Mobil Terbaik yang Ada di Asia

Posted at September 24, 2014

Dua Mobil Terbaik yang Ada di Asia okejos.com – Asia sukses memberikan kontribusi di dunia otomotif dengan menghadirkan mobil-mobil kelas dunia. Dan berikut ini... Read More

Tiga Keunggulan Mobil Daihatsu Copen

Posted at September 23, 2014

Tiga Keunggulan Mobil Daihatsu Copen okejos.com – PT ADM (Astra Daihatsu Motor) kabarnya tengah berniat untuk memasarkan Copen, coupe mungil terbaru mereka pada 2015... Read More