HOME
Home » OtoMotif » Mengintip 7 Kelebihan Mobil Listrik Yang Siap Meluncur Ke Pasaran

Mengintip 7 Kelebihan Mobil Listrik Yang Siap Meluncur Ke Pasaran

Posted at January 14th, 2021 | Categorised in OtoMotif

Sederetan kelebihan mobil listrik semakin menarik perhatian banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Di tambah bulan Agustus tahun lalu perpres mengenai pengembangan industri mobil listrik telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini pun seolah menjadi start untuk mengembangkan kendaraan dengan tenaga non BBM.

Ini menjadi kabar baik dan mungkin kamu tengah menantikan kendaraan bertenaga baterai. Di mana, ketika mobil baterainya habis, tinggal diisi ulang dengan dicas. Terdengar simple tapi keren, bukan?

Sebetulnya, kemunculan mobil listrik yang mampu menarik perhatian ini sudah memperlihatkan keistimewaan yang ada. Hanya saja, untuk lebih detail, kamu perlu menyimak sampai selesai. Pasalnya, keunggulan yang dimiliki kendaraan ini tidak hanya dari penggunaan baterai saja. Artinya, banyak kelebihan yang perlu diketahui dari mobil bertenaga non BBM itu.

Mengenal Kelebihan Mobil Listrik

Bukan hanya beda bahan bakarnya saja, mobil listrik menyuguhkan berbagai keistimewaan yang membuatnya layak untuk dimiliki. Berikut di antaranya:

  1. Jauh lebih hemat

Betul sekali, kendaraan dengan baterai sebagai tenaga utamanya ini dapat diisi ulang. Sama sekali tidak menggunakan bahan bakar minyak! Menurut penelitian, mobil ini hanya memakan biaya 75 ribu rupiah saja untuk menempuh jarak hingga 120 km. Irit, sekali kan?

Sementara, kendaraan konvensional memerlukan BBM agar daya terisi. Di mana pengisian bahan bakar tersebut relatif lebih mahal.

  1. Ramah lingkungan

Kok bisa? Mobil listrik yang tidak menggunakan bahan bakar minyak, maka tidak mengeluarkan emosi karbon dioksida. Karena itulah, kendaraan ini sangat ramah lingkungan, bukan?

Sedangkan mobil biasa yang menggunakan BBM, akan menghasilkan zero emission atau emisi karbon dioksida ke udara. Sehingga dapat mencemari udara di sekitar.

  1. Suaranya halus

Maksudnya adalah suara kendaraan yang dikeluarkan tidak bising dan lebih halus. Ya karena itu tadi, pengaruh penggunaan tenaga baterai di dalamnya. Beda dengan mobil bermesin diesel yang cenderung punya suara berisik dan keras.

  1. Membawa teknologi baru yang super canggih

Tahukah kamu, kalau mobil listrik menjadi satu-satunya kendaraan yang dilengkapi sistem keadaan terbaik? Namanya ITS atau Intelligent Transport System, yang merupakan sistem di mana kendaraan akan berhenti ketika akan menabrak sesuatu di depannya. Itulah yang membuat mobil ini punya tingkat keamanan yang bagus.

  1. perawatan yang lebih praktis

Karena penggunaan baterai, maka mobil ini hanya memerlukan perawatan di baterai saja. Malahan kamu tidak perlu repot-repot ganti oli yang memakan biaya mahal. Sebab mobil ini tidak memakai pelumas oli.

  1. Desain minimalis

Lebih tepatnya bentuk mobil listrik itu mungil. ini karena baterai yang dipakai sangat fleksibel. Bentuk kendaraan seperti ini pun sangat mendukung, terutama saat melewati jalanan yang macet sampai gang sempit.

  1. Nantinya tersedia pos-pos pengisian baterai

Untuk mendukung kemudahan penggunaan mobil listrik, nantinya akan dibangun pos-pos untuk isi ulang. Jadi kalau di luar, pengendara yang membutuhkan tenaga baterai, bisa mengecas terlebih dulu.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu juga tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik dalam waktu dekat? Lagi pula, sudah ada beberapa mobil bertenaga baterai yang telah di pasarkan. Sehingga, kamu bisa membelinya dengan mudah.

Tips Membeli Mobil Listrik

Sebagai salah satu pengguna yang tertarik dengan mobil listrik, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Sedikitnya, berikut adalah beberapa tips membeli mobil listrik:

  1. Test Drive

Tak ada salahnya untuk mencoba kendaraan yang akan dibeli, agar menemukan rasa nyaman tidaknya dalam berkendara. Belum lagi dengan mode operasional yang sedikit berbeda, mungkin kamu perlu memastikannya langsung.

  1. Cek harga

Baik itu pembelian tunai atau kredit, harga sangat penting untuk diperhatikan. Kamu perlu mengecek apakah harga tersebut termasuk mahal sekali atau standar. Caranya adalah dengan mengetahui spesifikasi kendaraan tersebut.

  1. Garansi

Layanan purna jual sebaiknya tidak diabaikan. Ini sangat dibutuhkan jika nanti setelah pembelian ada hal-hal lain yang berhubungan dengan produk. Kemudian, tanyakan juga bagaimana cara dan proses klaimnya. Apakah mudah, atau tidak sebagai bahan pertimbangan juga.

  1. Penggunaan kendaraan

Menurut beberapa sumber, baterai kendaraan dapat bekerja hingga 120 km. Maka setelah itu harus diisi ulang agar bisa berjalan lagi. Sesuaikan penggunaan kendaraan dengan kriteria dari mobil listrik ini. Agar nanti tidak kaget sewaktu mengendarainya.

  1. Tempat membeli

Ada baiknya jika kamu membeli kendaraan di dealer resmi. Demi keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi sampai ke garansi, kenapa tidak? Dan mungkin kamu bisa mendapatkan di dealer terdekat di kotamu. Sehingga kamu tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli mobil tersebut.

Memilah dan memilih kendaraan listrik sebelum dibeli adalah keharusan, agar nantinya tidak mengecewakan. Sekalipun sekarang ini sedang populer, tapi bukan berarti belinya asal-asal. Sebab hati-hati sangat diperlukan agar tidak mengecewakan.

Belum lagi dengan tipe-tipe mobil listrik yang beragam, ditambah dengan kebijakan pihak dealer bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Mengingat harganya yang tidak murah, jangan sampai salah beli ataupun salah pilih ya! Bahkan sekalipun kamu telah mengetahui kelebihan mobil listrik, tapi tetap harus selektif dalam membeli.

Tags :

Related Post to Mengintip 7 Kelebihan Mobil Listrik Yang Siap Meluncur Ke Pasaran

Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik Yang Siap Mengaspal

Posted at January 13, 2021

Apakah kamu penasaran dengan cara kerja mobil listrik? Mobil listrik merupakan mobil yang mengandalkan tenaga baterai dan tidak memakai bahan bakar minyak sama sekali.... Read More

Spesifikasi Lengkap Nissan X-Trail Terbaru

Posted at September 25, 2014

Spesifikasi Lengkap Nissan X-Trail Terbaru Okejos.com – Seiring persaingan dunia otomotif yang kian panas membuat para vendor otomotif berlomba-lomba menghadirkan varian mobil terbaru mereka.... Read More

Mobil Hasil Rakitan Indonesia Lebih Banyak Diminati

Posted at September 25, 2014

Mobil Hasil Rakitan Indonesia Lebih Banyak Diminati Okejos.com – Dari segi produksi serta penjualan mobilnya di tiap tahunnya Indonesia boleh kalah dari Thailand. Namun... Read More

Dua Mobil Terbaik yang Ada di Asia

Posted at September 24, 2014

Dua Mobil Terbaik yang Ada di Asia okejos.com – Asia sukses memberikan kontribusi di dunia otomotif dengan menghadirkan mobil-mobil kelas dunia. Dan berikut ini... Read More

Tiga Keunggulan Mobil Daihatsu Copen

Posted at September 23, 2014

Tiga Keunggulan Mobil Daihatsu Copen okejos.com – PT ADM (Astra Daihatsu Motor) kabarnya tengah berniat untuk memasarkan Copen, coupe mungil terbaru mereka pada 2015... Read More