Museum Prasejarah Sangiran

Posted on

Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

Apakah anda suka sejarah? Apakah anda tertarik untuk mengeksplor kehidupan manusia di zaman purba? Jika jawaban anda iya, mungkin tempat wisata di daerah Sangiran, Sragen ini cocok untuk mengisi waktu luang anda. Di mana itu? Di museum prasejarah Sangiran. Di sana anda akan menemui berbagai macam peninggalan dari kehidupan zaman Pliosen Akhir sampai zaman akhir Pleistosen Tengah (2 juta tahun silam). Berikut saya sajikan informasi penting tentang Museum Prasejarah Sangiran yaitu :

  1. Keadaan alam : Anda akan terkejut sekaligus terkagum-kagum akan banyaknya jumlah peninggalan bersejarah di Museum Prasejarah Sangiran, karena di sana terdapat lebih dari 13.000 fosil. Hampir 3.000 fosil dipajang di museum, sedangkan yang sekitar 10.000 fosil ditaruh di gudang penyimpanan. Fosil-fosil itu diantaranya berupa Homonid Purba (manusia pada zaman purba) sebanyak 50 jenis, fosil hewan bertulang belakang baik zaman purba maupun zaman sekarang (seperti kerbau, sapi, rusa, badak), fosil binatang air, sampai fosil tumbuhan pun ada. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa jenis batuan dan alat-alat batu. Saking banyaknya jumlah fosil yang ada di sana, sampai-sampai tempat ini dikenal dengan museum terlengkap di Asia. Museum ini juga telah terkenal di dunia, karena pada tahun 1996 UNESCO telah menetapkan Museum Sangiran sebagai salah satu dari World Heritage List (Daftar Peninggalan Dunia). Walaupun tempat ini bertemakan museum prasejarah, tapi bangunannya sangat megah dan modern. Di dalamnya terdapat ruang pameran, ruang slide, gudang fosil, laboratorium dan beberapa kios souvenir khas daerah Sangiran.
  2. Lokasi dan Transportasi : Museum Prasejarah Sangiran terletak di Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Sragen. Anda dapat menjangkaunya dengan naik bus antar kota, lalu naik ojek atau becak karena jarak museum dengan jalur bus berjarak sekitar 3 km. namun jika anda tidak ingin lelah, anda juga bisa membawa kendaraan pribadi.
  3. Tarif : Anda hanya diminta membayar Rp. 5.000 untuk tiket masuknya. Harga itu cukup murah jika dibandingkan dengan kemegahan museum dan statusnya sebagai salah satu dari warisan dunia.

Itulah beberapa poin penting dari Museum Prasejarah Sangiran yang saya sajikan untuk anda. Semoga menambah referensi wisata anda.