Pengobatan Penyakit Kanker Usus

Posted on

Pengobatan Penyakit Kanker Usus

Kanker usus merupakan kanker yang timbul pada jaringan usus besar atau rektum. Kanker ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Selain itu, kurang mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran juga bisa menjadi penyeba penyakit ini. Penderita obesitas dan diabetes berisiko terkena penyakit ini. Riwayat penyakit usus dan riwayat kanker usus dalam keluarga juga dapat meningkatkan risiko kanker usus.

 

Gejala Kanker Usus
Kanker usus ditandai dengan gejala-gejala sepert berikut ini:
– Darah pada tinja
– Tinja yang berbentuk runcing
– Perubahan kebiasaan buanga air besar (diare atau sembelit yang kian intens_
– Penurunan berat badan dengan drastis dengan sebab yang tidak jelas
– Sering kelelahan
– Sakit perut

Pengobatan Penyakit Kanker Usus
Ada 4 jenis utama pengobatan kanker usus, yaitu pembedahan, kemoterapi, radioterapi, dan target terapi.

1. Pembedahan
Umumnya pembedahan merupakan pengobatan utama pada kanker usus stadium awal. Suatu Policeptomi merupakan metode uang umum dilakukan oleh ahli endoskopi guna menganggkat polip pada usus yang dianggap mengandung bahaya ketika dilakukan kolonoskopi. Jika telah menjadi kanker, maka perlu adanya tindakan medis berupa operasi yang dinamakan reseksi segmental atau kolektomi. Umumnya dokter melakukan pengangkatan pada bagian usus yang terdapat kanker, lalu melakukan penyambungan kembali pada bagian usus yang masih tersisa.

2. Kemoterapi
Kemoterapi merupakan salah satu metode pengobatan kanker usus yang melibatkan pemakaian obat-obatan melalui infus ke dalam aliran darah maupun tablet minum guna membunuh sel-sel kanker. Terkadang kemoterapi dilakukan sebelum pasien menjalani operasi guna memperkecil kankernya, atau pada kanker usus yang sudah menyebar sampai ke hati.

3. Radioterapi
Metode radioterapi diterapkan untuk mengobati kanker usus, khususnya saat sel-sel kanker telah melekat pada organ dalam atau pada abdomen (lapisan dalam perut). Radioterapi diterapkan sesudah operasi pengangkatan guna memastikan semua sel-sel kanker yang masih tersisa telah mati. Radiasi jarang diterapkan untuk tindakan pengobatan terhadap kanker usus besar yang sudah mengalami metastasis (penyebaran). Radiasi kerapkali diberikan baik sesudah maupun sebelum operasi guna mencegah kambuhnya kanker.

4. Target terapi
Target terapi atau disebut pula smart drugs merupakan metode pengobatan kanker usus yang memfokuskan diri guna membunuh sel-sel kanker, sehingga tak mengganggu sel-sel normal.

Itulah pengobatan penyakit kanker usus.