Pentingnya Susu Bagi Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak

Posted on

Pentingnya Susu Bagi Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak

Susu merupakan nutrisi penting bagi tubuh, khususnya anak-anak. Sejak baru lahir hingga lanjut usia, susu tetep menjadi kebutuhan penting bagi tubuh. Seperti yang kita tahu, asupan pertama kali bagi bayi baru lahir adalah susu. Susu yang berasal dari tubuh Ibunya atau yang lebih dikenal dengan ASI ini menjadi kebutuhan bayi yang tidak bisa primer. Selain karena bayi memang tidak memiliki kekuatan untuk mengunyah makanan, dalam susu juga terdapat beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Oleh karena itu, susu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, susu juga menjadi salah satu nutrisi yang paling mudah dicerna. Dalam susu sendiri terdapat beberapa nutrisi yang sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Seperti yang dilansir Healthmeup, yang menyebutkan beberapa manfaat susu bagi anak.

1. Sumber Energi
Susu menjadi salah satu sumber energi pertama sejak bayi. Selain itu, bagi anak yang sudah mulai melakukan aktifitas, susu menjadi salah satu penunjang sumber energi. Dengan segala aktifitas anak seperti berlari, bermain, melompat, maka segelas susu mampu menjadi sumber energi yang bisa dinikmati sambil beraktifitas.

2. Penguat tulang dan gigi
Dalam susu tersimpan kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Seperti yang diketahui, sejak kecil hingga lanjut usia kalsium menjadi nutrisi utama tulang. Beberapa penyakit tulang dan gigi timbul karena kekurangan kalsium. Apalagi dengan segala aktifitas anak-anak yang super aktif membuat tulang membutuhkan kalsium lebih. Begitu juga dengan gigi, dengan berbagai macam makanan serta kurangnya perawatan gigi bagi anak-anak menjadikan susu sebagai salah satu pengaman bagi gigi maupun tulang.

3. Sumber protein
Selain sebagai sumber energi, dalam susu juga tersimpan banyak protein yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya sebagai pertumbuhan fisik, protein juga sangat penting untk pertumbuhan dan perkembangan otak. Sehingga dengan mengkonsumsi susu, maka kesehatan anak akan lebih terjaga. Baik kesehatan secara fisik maupun kemampuan berfikir anak.