Penyebab Penyakit Kanker Tenggorokan

Posted on

Penyebab Penyakit Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan kanker yang menyerang pada abgian tenggorokan. Kanker tenggorokan umumnya ditandai dengan benjolan yang terdapat di sekitar leher. Kanker tenggorokan biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Tetapi, kanker tenggorokan juga bisa disebabkan oleh

Kanker tenggorokan adalah penyakit ganas yang menyerang bagian tenggorokan. Biasanya kanker tenggorokan ditandai adanya benjolan di sekitar leher. Pemicu kanker tenggorokan biasanya akibat merokok dan mengonsumsi alkohol. Tapi ada pula penyebab lain kanker tenggorokan yakni menghirup aroma bensin.

Berikut ini adalah penyebab kanker tenggorokan.

1. Konsumsi alkohol
Kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terkena kanker tenggorokan. Efek alkohol dapat berdampak buruk pada jaringan tenggorokan, seperti halnya dengan rokok. Hal ini mengakibatkan meningkatnya risiko terkena kanker tenggorokan.

2. Bahan industri
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asbes, yang merupakan serat sintesis yang dipakai pada berbagai industri bisa mengakibatkan kanker tenggorokan dan timbulnya sel kanker di bagian laring.

3. Merokok
Kebiasaan merokok bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk kankr tenggorokan. Kebiasaan merokok dengan rokok yang tidak disertai filter ditengarai bisa pula meningkatkan risiko terkena penyakit kanker tenggorokan. Seluruh hal yang berkaitan dengan tembakau dan rokok diketahui berhubungan dengan kanker tenggorokan, misalnya cerutu, rokok pipa, rokok biasa, dan sebagainya. Bukan hanya pada tenggorokan, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan kanker pada bagian tubuh lain, seperti paru-paru. Bahkan, tembakau yang tidak dibuat rokok, tetapi dikunyah, juga dapat mengakibatkan kanker bibir, gusi, dan pipi.

4. Refluks lambung kronis
Penyebab refluks lambung adalah bocornya asam dari lambung menuju ke kerongkongan. Kalau hal ini sudah ke tahap kronis, maka refluks lambung dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker tenggorokan.

5. Virus HPV
Infeksi oleh virus HPV (Human Papilloma Virus), yang merupakan PMS (Penyakit Menular Seksual) juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker tenggorokan. Kanker yang diakibatkan oleh HPV umumnya timbul di belakang lidah atau di sekitar amandel.

Itulah penyebab kanker tenggorokan. Dengan menghindari penyebab tersebut, misalnya menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, berarti kita mencegah kanker tenggorokan.