Perhatikan Cemilan Jika Ingin Hidup Sehat

Posted on

Perhatikan Cemilan Jika Ingin Hidup Sehat

 

Hampir semua orang memiliki kebiasaan untuk makan camilan. Kebiasaan ngemil ini memang sulit untuk dihindari terutama bagi mereka yang sudah menjadikannya sebagai hobi. Butuh pengetahuan dan proses untuk memilih cemilan yang sehat. Berbagai jenis makanan ringan yang menggoda selera dijual tapi belum tentuk bermanfaat bagi tubuh.

Kebanyakan camilan yang dijual saat ini masih tinggi natrium, gula, padat kalori dan MSG. Zat tersebut terbukti kurang baik untuk kesehatan. Camilan yang sehat adalah camilan yang kaya protein, vitamin dan serat pangan namun masih jarang ditemui. Ada berbagai jenis makanan yang bisa dijadikan cemilan. Namun, anda harus bisa memilih camilan yang sehat yang membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Buah bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai camilan. Apel adalah salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk cemilan. Buah ini menjadi teman bagi mereka yang sedang diet, apel juga menjadi buah yang bisa meningkatkan energi. Gula alami dalam apel bisa membantu dalam memberikan doronan energi yang baik untuk kadar glukosa.Selain apel, pisang dan stroberi bisa dijadikan camilan yang menyehatkan.

Almond adalah salah satu jenis kacang yang bermanfaat dalam meningkatkan energi. Banyak penelitian yang menegaskan bahwa almond, lemak tak jenuh, magnesium mengandung vitamin E serta antioksidan yang membantu dalam peningkatan aliran darah ketika stres datang.

Yoghurt sebagai sumber protein yang baik bisa dijadikan pilihan cemilan. Kandungan protein pada yoghurt membantu mempertahankan berat tubuh ideal anda. Menambahkan buah-buahan seperti storberi dan blueberry bisa membuat anda kenyang lebih lama.

Sup kacang merah, kacang polong atau kacang panjang adalah alternatif camilan sehat. Makanan ini sangat kaya protein dan serat yang baik untuk diet. Edamame yang merupakan jenis kacang kedelai Jepang berbiji besar dan berwarna hijau ini memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang cocok sebagai camilan.

Memang susu kurang tepat apabila dijadikan cemilan namun susu bisa dijadikan pengganti camilan saat perut terasa lapar. Pilih susu rendah lemak yang kaya akan kalsium karena kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh.