Proses Import Barang Cina ke Indonesia, Inilah Caranya

Posted on

Proses Import Barang Cina ke Indonesia, Inilah Caranya – Bersama beberapa negara tetangga, tentunya Indonesia juga sudah menjalin banyak kerjasama. Salah satunya dengan China, Indonesia sendiri sudah sering kali melakukan bisnis di bidang ekonomi terutama soal ekspor dan impor barang. Terbukti saat ini sudah banyak produk barang dari China di pasarkan di tanah air dan banyak peminatnya.

China merupakan negara di kawasan Eropa yang memiliki kebijakan harga dibawah standart produksi negara lain. Berbagai produk dari China dinilai lebih murah bila dibandingkan produk dari negara lain dengan kualitas yang begitu menjanjikan. Makanya konsumen di Indonesia lebih cenderung memakai produk dari China untuk mencukupi kebutuhan dan mencari kegunaan yang sama meski produknya tidak nomor satu.

Namun ternyata sampai saat ini masih saja banyak yang kesulitan tentang cara import barang dari china tersebut. Untuk memberikan tambahan pengalaman jika mungkin akan melakukan import barang dari sana ke Indonesia, berikut ini penjelasan yang bisa memberikan kemudahan bagi Anda.

Langkah Import Barang dari China ke Indonesia

Menentukan Lebih Dulu Pemasok Barang

Langkah pertama, Anda harus memastikan lebih dulu pemasok barang yang akan diinginkan tersebut. Bagaimana bisa Anda akan melakukan import barang namun belum menemukan pemasoknya. Hal inilah yang harus dipastikan lebih dulu. Cari tau mengenai perusahaan yang akan diajak kerjasama.

Pilih perusahaan yang terpercaya dengan stok barang lengkap. Jangan sampai Anda terkena penipuan, sudah setor uang namun barang tidak dikirim. Hal ini akan memberikan kerugian besar mengingat barang import pasti harganya sangat tinggi.

Menyepakati Harga Serta Sistem Pembayaran

Selanjutnya untuk melakukan barang import china adalah menentukan dan menyepakati harganya. Jadi ketika sudah mendapatkan perusahaan yang terekomendasi silahkan membahas soal harga. Cari titik temu mengenai semua produk barang yang akan Anda anggarkan. Sehingga dengan adanya negosiasi,penawaran sesuai dan kesepakatan maka tinggal mengurus biaya pembayaran.

Ketahui berapa ongkos kirim ke Indonesia, jangan sampai ketika sudah sepakat Anda mendapatkan ongkir mahal. Hal ini tentu akan membuat keinginan mendapatkan barang murah tidak bisa menghadirkan laba mengingat sama di pasaran Indonesia.

Menentukan Pengiriman Barang

Proses pengiriman barang dari China bisa melalui beberapa cara. Pertama melalui kapal laut, namun didalam pengiriman memakai cara ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun keuntungannya memakai kapal laut adalah jumlah dan kapasitas barang yang dikirim akan jauh lebih besar. Soal harga, pengiriman memakai jalur kapal laut lebih terjangkau dan normal.

Jalur pengiriman kedua adalah memakai pesawat. Memakai jlur pengiriman ini memang begitu lebih efektif karena sangat cepat. Tetapi soal biaya sudah pasti akan lebih mahal jika dibandingkan jalur kapal laut. Untuk mendapatkan barang lebih cepat jalur pengiriman memakai pesawat memang sangat disarankan.

Menyiapkan Semua Dokumen

Hal terakhir yang penting adalah menyiapkan dokumen lengkap mengenai barang tersebut. Jangan sampai pembelian tidak diketahui oleh pihak bea cukai sebagai barang legal. Dengan kelengkapan dokumen seperti Commercial Invoice, Certificate of Origin and Packing List, Bill of Landing, dan lainnya dari pihak dinas perdagangan maka barang import akan bisa dikirim ke Indonesia.

Dengan memahami proses dan langkah pengiriman barang import dari China diatas, Anda akan lebih mudah untuk segera memprosesnya. Pastikan jika barang dan perusahaan sudah ternama, sehingga jika ada kendala dalam pembeliannya Anda bisa melakukan komplain dengan mudah.