Sayur Dan Buah Makanan Super Untuk Tubuh Sehat

Posted on

Sayur Dan Buah Makanan Super Untuk Tubuh Sehat

Sudah banyak info tentang manfaat buah dan sayur. Buah dan sayur selain baik bagi kesehatan juga bisa mencegah penyakit. Walaupun sudah teruji manfaatnya namun masih banyak orang yang tidak suka makan buah maupun sayuran, apalagi dimakan dalam kondisi mentah. Ada juga yang enggan karena rasanya yang kecut atau tak cocok di lidah mereka.

WHO memberi saran agar setiap orang mengkonsumsi minimal 400 gram buah dan sayuran setiap hari untuk menurunkan risiko sejumlah gangguan penyakit seperti penyakit jantung, penyakit stroke, diabetes tipe 2 hingga obesitas.

Selain itu, buah dan sayur juga bisa membuat pikiran seseorang lebih sehat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 7 porsi buah dan sayuran dalam waktu sehari cenderung lebih bahagia dan mempunyai kesehatan mental serta pikiran yang jauh lebih baik.

Sudah dipastikan bahwa buah dan sayuran mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas bisa masuk ke dalam tubuh melalui proses makanan tertentu atau lingkungan. Sayuran dan buah selama ini juga telah diketahui baik untuk kesehatan jantung dan memberikan perlindungan terhadap resiko penyakit kanker.

Warna buah dan sayuran juga bisa menandakan manfaat dari buah atau sayuran tersebut. Antara lain buah dan sayur yang berwarna hijau mengandung banyak sekali klorofil untuk antioksidan. Warna merah mengandung banyak pigmen untuk melawan penyakit dan likopen serta terkandung zat yang mampu mengurangi resiko kanker.

Untuk buah yang berwarna orange mengandung banyak beta karoten dan alpha karoten yang dapat menyehatkan tubuh dan efektif untuk melawan kanker. Buah dan sayur yang berwarna orange juga kaya akan kandungan vitamin C.

Warna kuning pada sayur dan buah buahan menandakan melimpahnya kandungan vitamin C. Sedangkan buah dan sayur yang berwarna cokelat banyak mengandung vitamin B dan dapat membantu membuang racun penyebab penyakit dalam tubuh.

Kandungan magnesium yang sangat banyak pada sayuran dan buah buahn yang berwarna biru dan ungu sangat dibutuhkan untuk pergerakan feses yang baik, menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu dalam usus.