Serangan Penyakit Menghantui Pecandu Video Game

Posted on

Serangan Penyakit Menghantui Pecandu Video Game

Hampir semua orang menyukai bermain video game. Video game terbukti bisa menghilangkan penat dan stres namun pada porsi tertentu. Jika dilakukan secara berlebihan, maka pecandu video game akan terancam mengalami gangguan kesehatan.Kecanduan game tidak bisa disepelekan, apalagi jika telah mempengaruhi perilaku dan gangguan jiwa psikotis. Gangguan tersebut ditandai dengan kacaunya cara berpikir serta gelisah setiap waktu.

Beberapa penyakit yang bisa dialami oleh pecandu game antara lain adalah penyakit yang disebut Playstation thumb. Walaupun menggunakan istilah playstation namun penyakit ini bisa mempengaruhi siapa saja yang sering bermain video game. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah mati rasa dan kesemutan pada ibu jari, serta adanya pembengkakan dan luka terbuka karena gerakan berulang. Palmar hidradenitis adalah istilah lain dari kondisi ini yaitu kelainan kulit yang disebabkan oleh konsol game dan sakit di telapak tangan dan jari. Biasanya butuh waktu beberapa minggu untuk sembuh.

Masalah medis lain pada pecandu video game adalah Nintendinitis, Wiitis dan X-boxitis. Kondisi ini digunakan untuk menggambarkan cedera tendon dari tangan dan pergelangan tangan yang biasanya diakibatkan karena bermain game nintendo, Wii sport atau X-box yang terlalu lama. Papan keseimbangan pada Wii juga mampu membuat masalah di lutut dan pinggu. Patah tulang karena permainan ini disebut Wii fractures.

Kejang juga bisa dialami oleh pecandu video game walaupun kasus ini jarang terjadi. Diperkirakan bahwa Photosensitive epilepsy (PSE) sebagai bentuk umum dari epilepsi dimana kejang yang terjadi dipicu oleh rangsangan visual yang berkaitan dengan masalah kejang akibat bermain video game.

Selain berdampak pada gangguan fisik kecanduan video game ini juga berdampak pada gangguan psikis. Penelitian menunjukkan bahwa gamer lebih tertekan dan cemas dari waktu ke waktu. Pada anak-anak beresiko jadi lebih impulsif dan interaksi sosialnya terganggu.

The Tetris Efect/ Game Transfer Phenomena adalah penyakit lain yang bisa menyerang gamer. Fenomane ini terjadi sesudah bermain video game dalam waktu yang lama dan tetris adalah penyebab paling umum.